Mengenal Ban Ultra-High Performance, Penunjang Berkendara Saat Cuaca Ekstrem

- 30 September 2020, 20:06 WIB
Ban motor Pirelli Diablo Rosso Sport ring 14
Ban motor Pirelli Diablo Rosso Sport ring 14 /Dok Astra Otoparts

CerdikIndonesia - Baru-baru ini, Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) mengumumkan prediksi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan di berbagai wilayah, khususnya Jabodetabek.

Baca Juga: Disebut Sebagai Propaganda PKI, Inilah Lirik Lagu Genjer-Genjer Lengkap Dengan Terjemahannya

Masa peralihan musim ini ditandai dengan hujan deras dan angin lebat, dan membuat sejumlah ruas jalan tergenang air. Kondisi permukaan jalan menjadi lebih licin dan berisiko tinggi pada kecelakaan saat hujan. Alhasil, kendaraan seringkali mengalami aquaplaning atau slip akibat jalan yang tergenang air atau aspal bercampur lumpur.

 Baca Juga: Lirik Lagu Genjer-Genjer yang Ditakuti Karena Identik PKI, Ditulis dalam Bahasa Osing Banyuwangi

Menurut Presiden Direktur PT. Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin, ada sejumlah persiapan yang bisa dilakukan masyarakat. “Persiapan paling standar dimulai dengan mengecek tingkat keausan ban melalui indicator tread wear (ITW) yang ada di ban. Pastikan tidak menggunakan ban yang sudah gundul atau bergelombang untuk melintasi genangan air dengan kecepatan cukup tinggi karena dapat meningkatkan risiko ban slip. Saat terjadi slip, kendaraan kehilangan traksi sehingga sulit dikontrol. Selain mengganggu kenyamanan juga berisiko pada keselamatan jiwa.”

 Baca Juga: Yasonna Laoly Siap Hadapi Gugatan Tommy Soeharto, Terkait Partai Berkarya

Selain mengecek kondisi ban, persiapan lainnya adalah memilih ban dengan kemampuan cengkram yang baik untuk bermanuver di cuaca ekstrem. “Ini dapat ditemukan pada ban performa tinggi atau ultra-high performance (UHP). Cuaca ekstrem dapat menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk memilih ban UHP untuk performa kendaraan yang lebih maksimal.” kata Shin.

 Baca Juga: Ini Yang Harus Diketahui Soal Debat Presiden Trump – Biden

Sesuai dengan namanya, ban ultra-high performance (UHP) merupakan ban premium yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan berkendara dengan daya yang lebih kuat dan lebih stabil pada medan yang lebih menantang. Ban UHP dilengkapi dengan teknologi untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan handling superior di kelasnya, seperti pengereman yang lebih pendek di jalanan basah maupun kering dan daya tahan ban yang optimal. Ban ini juga mampu digunakan pada kecepatan tinggi, mencapai 240-300 KM per jam. Kemampuan tersebut membuat ban ini punya keistimewaan yang berbeda dengan ban reguler.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x