Anies Sebut Megawati Konsisten dalam Menjaga Demokrasi

- 23 Januari 2024, 21:30 WIB
Apa Nama Lengkap Megawati Soekarnoputri yang Berulang Tahun 23 Januari
Apa Nama Lengkap Megawati Soekarnoputri yang Berulang Tahun 23 Januari /Instagram @presidenmegawati/

CERDIK INDONESIA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menilai Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merupakan sosok yang konsisten menjaga demokrasi di Indonesia.

"Beliau (Megawati) adalah pribadi yang konsisten dalam menjaga demokrasi. Rekam jejaknya menunjukkan sikap hormat pada aturan hukum dan konstitusi," kata Anies di Yogyakarta, Selasa, 23 Januari 2024.

Anies mengatakan hal itu saat diminta tanggapan terkait Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Megawati Soekarnoputri.

Dia menambahkan ketika PDI Perjuangan memenangkan pemilihan presiden (pilpres) dan Megawati bertugas sebagai presiden, putri Presiden pertama RI Soekarno itu menjalankan pemilu dengan netral.

"Bahkan, sebagai presiden, di dalam pemilu itu beliau bukan jadi pemenang," imbuhnya.

Selanjutnya, ketika PDI Perjuangan tidak menang di pilpres pun Megawati tetap setia dan menjadi oposisi. Oposisi itu, menurut Anies, dijalankan dengan tabah sampai kemudian PDI Perjuangan dan Megawati kembali ke pemerintahan lagi.

"Izinkan kami menyampaikan selamat ulang tahun untuk Ibu Megawati. Semoga Bu Mega selalu sehat, dipanjangkan umurnya, selalu dalam kebahagiaan, keberkahan, dan terus menjadi tiang kokoh tegar dalam menjaga konstitusi dan demokrasi kita," kata Anies.***

 

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x