Dunia Terkagum, Ini 10 Fakta Tentang Aceh, Mulai dari Kekayaan Alam Hingga Tragedi Tsunami 2004

- 1 Oktober 2023, 18:57 WIB
Dunia Terkagum, Ini 10  Fakta Tentang Aceh
Dunia Terkagum, Ini 10 Fakta Tentang Aceh /

CERDIK INDONESIA - Aceh, salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di paling barat Indonesia, memiliki banyak elemen menarik yang membuatnya begitu memukau. Dari sisi budaya, sejarah kejayaan, hingga kekayaan alamnya yang menjadi daya tarik utama. Aceh juga memiliki catatan sejarah yang kaya, baik sebelum kemerdekaan Republik Indonesia maupun setelahnya.

Saat ini, Aceh telah diberikan otonomi khusus sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menyelesaikan konflik bersenjata yang pernah terjadi di sana.

Selain itu, terdapat berbagai fakta menarik tentang Aceh yang mencakup sejarah, budaya, pariwisata, dan elemen menarik lainnya yang akan menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga: Sejuta Pesona! Top 10 Wisata Lembang Bandung, Ada yang Bernuasa Eropa Hingga Pusat Flora Fauna

Dibawah ini adalah 10 Fakta Menarik Tentang Aceh:

1. Warisan Sejarah yang Kaya

Aceh memiliki sejarah panjang sebagai salah satu pusat kerajaan Islam tertua di Indonesia. Kerajaan Aceh Darussalam pada abad ke-17 merupakan salah satu kerajaan Islam terkuat di Asia Tenggara.

2. Keanekaragaman Budaya dan Agama

Aceh dikenal karena kekayaan budaya dan agama. Mayoritas penduduk Aceh menganut agama Islam dan daerah ini dikenal dengan penerapan syariat Islam yang ketat. Aceh juga memiliki adat dan budaya yang kaya, termasuk tarian Saman yang telah diakui sebagai warisan budaya takbenda dunia oleh UNESCO.

Halaman:

Editor: Raqsan Jani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x