Segini Besaran Gaji CPNS 2023 untuk Lulusan SMA, Bisa Jadi Pertimbangan Sebelum Daftar

- 23 September 2023, 16:39 WIB
Besaran Gaji CPNS 2023 untuk Lulusan SMA
Besaran Gaji CPNS 2023 untuk Lulusan SMA /menpan.go.id

CERDIK INDONESIA - Cek berapa besaran gaji untuk CPNS 2023 lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Pemerintah telah mengumumkan sejumlah posisi yang tersedia untuk calon aparatur sipil negara (CASN), terutama untuk lulusan SMA atau SLTA serta tingkat pendidikan yang setara.

Banyak posisi yang terbuka di berbagai kementerian dan lembaga, dengan tujuan untuk mengisi formasi PPPK dan CPNS (calon pegawai negeri sipil).

Sebagai contoh, Kementerian Hukum dan HAM mencari sebanyak 1.000 lulusan SMA untuk mengisi posisi penjaga tahanan di 33 kantor wilayah. Informasi ini dapat ditemukan dalam pengumuman Nomor SEK.KP.02.01-633.

Pengumuman tersebut juga menegaskan bahwa usia minimal untuk mengisi posisi tersebut adalah 18 tahun dan maksimal 28 tahun.

Baca Juga: Daftar CPNS dan PPPK 2023 Link sscasn.bkn.go.id, Berikut Panduan Pendaftaran Hingga Kelulusan

Besaran Gaji CPNS Lulusan SMA

Dari segi gaji, jangkauan pendapatan tersebut dilaporkan berkisar antara Rp 5,71 juta hingga Rp 6,26 juta. Permintaan terbanyak berasal dari Jawa Tengah, dengan 115 orang yang diperlukan.

Kejaksaan Agung juga mencari banyak lulusan SMA, yakni sebanyak 2.198 orang untuk mengisi posisi penjaga tahanan. Mereka juga memiliki 57 formasi untuk pengelolaan penanganan perkara khusus bagi CPNS penyandang disabilitas.

Baik posisi penjaga tahanan maupun pengelola perkara khusus tersebut menawarkan gaji dalam rentang yang sama, yaitu antara Rp 5,66 juta hingga Rp 7,06 juta.

Halaman:

Editor: Raqsan Jani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x