Polisi Udara di Jakarta Kian Parah, Kemenkes Temukan Enam Penyakit yang Mengancam

- 30 Agustus 2023, 20:30 WIB
Polusi udara di Bangladesh yang akibatkan penurunan angka harapan hidup.
Polusi udara di Bangladesh yang akibatkan penurunan angka harapan hidup. /Mohammad Pionir Hussain/

CERDIK INDONESIA - Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta sedang ramai diperbincangkan karena termasuk jadi salah satu kota dengan polusi udara terburuk di dunia.

Akibat polusi tersebut, Kemenkes menemukan enam jenis penyakit yang paling banyak ditemukan imbas dari polusi udara. Mulai dari, infeksi paru-paru, pneumonia, hingga asma.


"Paling banyak yaitu pneumonia, infeksi paru, infeksi pada saluran pernapasan, dan serangan asma sering terjadi pada penderita asma. Yang lain itu sering memicu timbulnya kanker paru, TBC paru, dan penyakit paru kronis," kata Kepala Biro Komunikasi Dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Baca Juga: Jurnalis Perlu Dibekali Ilmu Mencari Fakta, Dosen Ini Sebut Anak Muda Bisa Ajak Ratusan Orang Bersihin Sampah

Dalam mengatasi penyakit-penyakit tersebut, Nadia mengungkapkan, negara harus merogoh kocek Rp10 triliun. Yakni, membantu menyembuhkan masyarakat yang merupakan peserta BPJS Kesehatan.

"Total biaya dikeluarkan BPJS untuk enam penyakit ini hampir Rp10 triliun dan tiga terbesar tadi mencapai Rp3 triliun. Oleh karena itu lebih baik kita memang harusnya mencegah dari pada mengobati," ucap Nadia.

Kemudian, Nadia menegaskan, Kemenkes tidak dapat bekerja sendirian dalam mengentas kasus ISPA. Terlebih, dalam melonjaknya tingkat polusi udara di Jakarta secara khususnya.

Baca Juga: Persiapan 50 Persen Menentukan Keberhasilan, Galih Kasih Trik dan Tips Disaat Wartawan Liputan Bencana Alam

"Jadi sebenarnya untuk langkah kita memperbaiki kualitas polusi udara tidak bisa hanya dikerjakan oleh kemenkes saja. Tentunya menteri kesehatan telah mengeluarkan yang namanya komite penanganan respirasi dan penanggulangan dampak polusi," ujar Nadia.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x