Proyek The Mukaab Arab Saudi Terbaru: Gedung Pencakar Langit Berbentuk Kubus dan Mirip Ka'bah

- 23 Februari 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi Proyek The Mukaab yang telah dipublikasikan oleh pemerintah Arab Saudi
Ilustrasi Proyek The Mukaab yang telah dipublikasikan oleh pemerintah Arab Saudi /

CerdikIndonesia - Proyek terbaru Arab Saudi menghebohkan jagat maya akibat keputusannya untuk membangun gedung pencakar langit berbentuk seperti ka'bah.

Proyek ini berbentuk kubus yang akan menghabiskan dana hingga miliaran dolar Amerika. Apabila benar terealisasi, tentu akan menjadi salah satu gedung pencakar langit di Riyadh.

“Arab Saudi telah mengumumkan proyek raksasa terbaru The New Murabba. Menjadi pusat kota modern terbesar di dunia, seluas 19 kilometer persegi (setengah ukuran kota Jersey) untuk dikembangkan di Riyadh”, dikutip dari akun Twitter seorang jurnalis, Seamus Malekafzali.

Baca Juga: Manchester United vs Barcelona: Prediksi Susunan Pemain, Manchester United Diunggulkan

Dalam pernyataan resmi, Saudi menyatakan The Mukaab akan menarik pengunjung dari mancanegara. Proyek ini akan dipimpin langsung oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Gedung pencakar langit yang berbentuk kubus dan mirip ka'bah akan memiliki ketinggia 400 meter dengan panjang setiap sisinya 400 meter.

Luas The Makaab ini, dalam pernyataan resmi juga dikatakan bisa untuk membangung 20 istana. Gedung ini terinspirasi gaya arsitektur di wilayah Najd.

Baca Juga: Sosok Mario Dandy Satriyo, Tersangka Penganiayaan, Ternyata Berasal dari Kalangan Pejabat

Gedung tersebut akan berisi pameran budaya dan wisata, teater imersif, serta atrium. Juga akan dibangun lebih dari 100 ribu unti hunian, 9.000 kamar hotel, 980 ribu meter pertokoan, 1,4 meter persegi untuk ruang kantor.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x