Daftar Lengkap Pengurus PSSI Era Erick Thohir, Proses Pemilihan Sempat Diwarnai Drama Dugaan Manipulasi Suara

- 17 Februari 2023, 10:12 WIB
Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir (tengah), Wakil Ketua Umum PSSI terpilih Zainudin Amali (kiri) dan Ratu Tisha (kanan) bertumpu tangan bersama usai menyampaikan pidato dalam Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023).
Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir (tengah), Wakil Ketua Umum PSSI terpilih Zainudin Amali (kiri) dan Ratu Tisha (kanan) bertumpu tangan bersama usai menyampaikan pidato dalam Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). /Antara/Aprillio Akbar/

CERDIK INDONESIA – Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Jakarta Pusat telah menghasilkan perombakan pada daftar pengurusnya.

KLB tersebut pun digelar pada Kamis, 16 Februari 2023 di Hotel Shangri-La untuk memilih ketua umum beserta wakilnya, juga 12 anggota komite eksekutif (Exco) untuk periode 2023-2027.

Menteri BUMN, Erick Tohir kemudian terpilih sebagai pemimpin selanjutnya menggantikan Mochamad Iriawan dan menyingkirkan kandidat lainnya yaitu La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, dan Doni Setiabudi.

Di sisi lain, Ratu Tisha menjadi Wakil Ketua 1 PSSI sedangkan Zainudin Amali akan menjabat sebagai Wakil Ketua 2 PSSI.  

Awalnya, Amali dan Yunus Nusi menjadi orang yang terpilih sebagai Wakil Ketua 1 dan 2 PSSI. Namun, pemilihan ulang dilakukan karena adanya dugaan manipulasi suara Ratu Tisha.

Dugaan ini muncul ke permukaan akibat banyak diantara para voter yang merasa suara mereka hilang.

Sementara pemilihan Komite Eksekutif dilakukan melalui dua putaran. Di sisi lain, pemgumuman terkait posisi Sekretaris Jenderal (sekjen) akan dilaksanakan di lain kesempatan. Posisi Sekjen ini akan diputuskan oleh Ketua PSSI.

Adapun deretan pengurus PSSI 2023-2027 diantaranya sebagai berikut.

Daftar kepengurusan PSSI 2023-2027

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x