Waspada! Kemenkes Konfirmasi ada Kasus Covid-19 Kraken Terdeteksi di Indonesia

- 27 Januari 2023, 17:55 WIB
Ilustrasi. Waspada! Covid-19 Baru Varian Omicron XBB.1.5 Atau Kraken Masuk Indonesia, Benarkah Sangat Menular?
Ilustrasi. Waspada! Covid-19 Baru Varian Omicron XBB.1.5 Atau Kraken Masuk Indonesia, Benarkah Sangat Menular? /

CERDIK INDONESIA - Subvarian Covid-19 Kraken terdektsi di Indonesia sebanyak satu kasus. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada keterangan yang disampaikan pada Kamis, 26 Januari 2023 di Jakarta.

Kasus Covid-19 varian Kraken tersebut ditemukan dari WNA asal Polandia itu, kini telah dinyatakan negatif. ​

"Tidak ada (update baru, red), baru satu kasus. Setelah isoman delapan hari, sudah negatif," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Pilih Daun Ini dan Temukan Hal Tersembunyi dalam Kepribadianmu

Nadia mengatakan, pihaknya juga telah melakukan kontak tracing dan semua kontak erat dengan hasil negatif. Kontak erat tersebut berada di Jakarta seorang dan Kalimantan Timur dengan dua kontak erat.

Sebelumnya diberitakan, Kemenkes menemukan satu kasus subvarian baru Covid-19 'Kraken' melalui warga negara Polandia. WNA tersebut sempat berkunjung ke Jakarta pada 6 Januari 2023, lalu melanjutkan pergi ke Balikpapan pada tanggal 7 Januari 2023.

"Saya sudah dengar, dilaporkan bahwa varian ini (Kraken) sudah ditemukan, dari orang Polandia. Dan itu dia kenanya di Balikpapan," kata menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Covid XBB Resmi Terdeteksi di Indonesia, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Lakukan Vaksin Booster

Namun, pada tanggal 11 Januari 2023, WNA tersebut di tes PCR sebagai syarat masuk kapal. Kemudian dari situ barulah diketahui hasilnya positif.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x