Fenomena Solstis 21 Desember 2022, Dilarang Keluar Rumah Karena Bahaya adalah Kabar Bohong

- 17 Desember 2022, 20:43 WIB
Apa itu Fenomena Solstis? Simak Penjelasan, Waktu, dan Dampaknya Menurut Ahli
Apa itu Fenomena Solstis? Simak Penjelasan, Waktu, dan Dampaknya Menurut Ahli /Pixabay/

Cerdik Indonesia - Viral di TikTok dan media social terkait fenomena solstis yang akan terjadi di tanggal 21 Desember 2022, pada malam di tanggal tersebut dilarang untuk keluar rumah.

Maka yang jadi pertanyaan, yaitu apakah yang dimaksud dengan fenomena solstis? sebegitu bahaya dilarangkah untuk keluar rumah? Penjelasannya sebagai berikut.

Fenomena Solstis adalah peristiwa saat Matahari berada paling utara maupun selatan, yakni ketika mengalami gerakan semu tahunannya yang relatif terhadap ekuator langit.

Baca Juga: Prediksi Skor Argentina vs Prancis Final Piala Dunia 2022, Siapa yang Unggul?

Dimana matahari bergerak berbeda dari yang biasanya yang dikarenakan oleh kemiringan sumbu Bumi dan oleh gerakan orbitnya mengelilingi matahari.

Akibat dari kemiringan tersebut menyebabkan terjadinya musim dingin dan musim panas. Siang hari yang paling lama dinamakan Summer Solstice karena siang hari akan lebih lama dibandingkan dengan malam harinya.

Sementara siang hari yang paling sebentar disebut Winter Solstice, pada hari itu malam hari akan lebih lama dibandingkan siang harinya. Karena, ada dua belahan Bumi, maka waktu solstis nya juga berbeda.

Baca Juga: Nonton Kupu Kupu Malam Episode 5A dan 5B Cek link di WeTV

Apakah berbahaya?

Halaman:

Editor: Susan Rinjani

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x