Banten dan Jakarta Merupakan Salah Satu Daerah yang Paling Tidak Bahagia di Indonesia

- 26 September 2022, 19:08 WIB
Badan Pusat Statistik BPS 2022
Badan Pusat Statistik BPS 2022 /

CerdikIndonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan dalam indeks kebahagiaannya bahwa provinsi Banten, Jakarta, dan Papua termasuk provinsi yang paling tidak bahagia di Indonesia pada tahun 2021.

Dalam indeks kebahagiaan Indonesia, yang dirilis baru-baru ini oleh badan tersebut, provinsi Banten, yang sebagian besar terdiri dari kotamadya yang berbatasan dengan ibu kota, berada di urutan paling bawah dengan indeks 68,08. 

Sementara itu, ibu kota Jakarta berada di urutan ke-17 dalam daftar, dengan indeks 70,68. 

Baca Juga: KPK Tangkap Hakim Agung Terkait Skandal Suap

Juga pada kategori provinsi dengan indikator kebahagiaan terendah adalah provinsi Papua yang menempati urutan ketiga dari bawah, dengan indeks sebesar 69,87. 

Indeks tersebut memiliki skala antara 0 dan 100, di mana semakin tinggi angkanya, semakin bahagia orang tersebut.

Baca Juga: Indonesia Menyumbang $15,5 Juta untuk Memerangi Tuberkulosis, Malaria, dan HIV/AIDS

Indeks tahun ini mengukur tiga dimensi -- kepuasan hidup, hubungan dan makna hidup (eudaimonia) --, sedangkan survei sebelumnya pada 2012 dan 2014 hanya mengukur kepuasan hidup.

BPS juga menemukan bahwa Maluku Utara dan Kalimantan Utara adalah provinsi paling bahagia dengan indeks masing-masing 76,34 dan 76,33.

Pada bulan Juni, dalam pidato untuk merayakan HUT Jakarta ke 495, Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa kebahagiaan sejati yang dirasakan oleh warga Jakarta lebih penting daripada statistik yang mengukur tingkat kebahagiaan masyarakat.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x