Epic Games, Dota, Steam, Hingga PayPal Resmi Kena Blokir Kominfo

- 30 Juli 2022, 13:13 WIB
PayPal menjadi salah satu dari beberapa platform yang diblokir Kominfo karena belum mendaftar
PayPal menjadi salah satu dari beberapa platform yang diblokir Kominfo karena belum mendaftar /Marques Thomas

CERDIK INDONESIA - Beberapa platfrom dan Penyelenggara Sistem Elektronik yang belum terdaftar resmi diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Dilansir dari ANTARA, Direktur Jenderal Aptika Kominfo, Samuel A. Pangerapan mengatakan bahwa beberapa platform tersebut sudah diberi peringatan untuk memenuhi kewajiban.

Sebelumnya, Kominfo telah memberi tenggat waktu selama lima hari bagi platform dan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) tersebut untuk segera mendaftar platform-nya secara resmi.

Baca Juga: Sebentar Lagi Aplikasi, Google, WhatsApp, Instagram, Facebook dan Twitter Diblokir, Ini Alasan Menurut Kominfo

Melansir dari situs resmi kominfo.go.id bahwasannya platform yang belum mendaftar antara lain Rblox, Steam, Epic Game, Battle.net, Origin, Counter Strike, Dota, dan Global Offensive.

Selain beberapa platform, Kominfo juga menyebutkan terdapat beberapa PSE yang belum mendaftar yakni Opera, LinkedIn, PayPal, Amazon.com, Alibaba.com, Yahoo, dan Bing.

Berita pemblokiran ini sontak menjadi topik hangat di media sosial Twitter. Banyak warganet yang memberikan komentarnya soal pemblokiran ini. Hashtag #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter.

Baca Juga: Kominfo Gelar Workshop Mobile Journalism, Rosarita: Peran Pemuda Sangat Dibutuhkan Dalam Menyongsong ASO

Meski begitu, pemblokiran tersebut masih bersifat sementara. Pemblokiran akan dicabut jika platform dan PSE yang diblokir melakukan pengajuan normalisasi serta melengkapi data-data yang harus dilakukan.

“Untuk normalisasi itu tergantung mereka. Mereka begitu mendaftar dan mengajukan bahwa saya sudah mendaftar, kita akan buka pemblokiranna,” ujar Samuel.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x