Kebebasan Pers Dibekukan di Kashmir karena Pelaporan 'Dikriminalisasi'

- 27 Juni 2022, 13:07 WIB
Kashmir menjadi salah satu wilayah di India yang kerap terjadi konflik bersenjata
Kashmir menjadi salah satu wilayah di India yang kerap terjadi konflik bersenjata /Reuters

CERDIK INDONESIA- Wilayah pegunungan yang disengketakan yang sebagian besar terbagi antara India dan Pakistan yang bersenjata nuklir, tidak pernah mudah.

Sebagai seorang jurnalis foto, Muneeb-ul-Islam mengatakan, dia telah dipukuli oleh para demonstran dan pasukan keamanan saat meliput protes di Kashmir yang dikelola India, tempat pemberontakan selama beberapa dekade melawan pemerintahan New Delhi. Tapi dia tidak terhalang dari pekerjaan yang dia anggap sebagai panggilannya.

Itu berubah pada 2019, ketika pemerintah nasionalis Hindu India mencabut otonomi terbatas yang telah dinikmati Kashmir selama 70 tahun dan memulai tindakan keras. Sejak itu, Islam dan lainnya mengatakan, para jurnalis di Kashmir, satu-satunya wilayah mayoritas Muslim di India, telah menghadapi atmosfer intimidasi yang membuat banyak dari mereka keluar dari profesinya dan menghalangi orang lain untuk secara bebas melaporkan apa yang terjadi di sana kepada dunia.

“Anda tidak dapat berpikir untuk melakukan jurnalisme di sini, tampaknya semua dikriminalisasi sekarang,” kata Islam, 31, yang sekarang menjalankan toko penjahit di sebuah desa sekitar 40 mil selatan ibu kota Kashmir, Srinagar.

Ketika mereka mengubah status Kashmir, para pejabat India berpendapat itu bisa mengakhiri pemberontakan. Tetapi wilayah yang sangat termiliterisasi berpenduduk 12,5 juta orang itu terus mengalami gelombang kekerasan, dengan ratusan tersangka militan, pasukan keamanan India, dan warga sipil tewas dalam beberapa tahun terakhir.

Langkah pemerintah pada Agustus 2019 diikuti oleh lebih dari enam bulan pemadaman komunikasi di mana Kashmir tidak memiliki akses internet, menghambat pekerjaan jurnalistik serta pendidikan dan bisnis.

“Sangat sulit selama periode waktu itu untuk mengejar sebuah cerita dan mengirimkannya karena Anda tidak memiliki jalur komunikasi atau internet – sangat sulit untuk mengejar pekerjaan lain juga,” kata Islam.

Sementara itu, ia mendapatkan pekerjaan di sebuah lokasi konstruksi di kota kelahirannya, berharap untuk kembali ke pekerjaan sebelumnya begitu situasinya membaik. Tapi malah semakin memburuk, katanya, yang membuatnya berkesimpulan bahwa dia tidak bisa lagi bekerja sebagai jurnalis sama sekali.

“Saya tidak bisa berpikir untuk ditangkap atau dipanggil ke kantor polisi melalui pelaporan saya sekarang, karena saya memiliki tanggung jawab keluarga untuk dipikul termasuk seorang anak kecil,” kata Islam.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona

Sumber: NBC News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x