Pengertian Persediaan Barang Dagang, Manfaat dan Metodenya Menggunakan Aplikasi Pencatatan Stok Barang

- 1 Mei 2022, 00:11 WIB
Pengertian Persediaan Barang Dagang, Manfaat dan Metodenya Menggunakan Aplikasi Pencatatan Stok Barang
Pengertian Persediaan Barang Dagang, Manfaat dan Metodenya Menggunakan Aplikasi Pencatatan Stok Barang /Pixabay/RonaldCandonga

CERDIK INDONESIA - Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan objek yang mereka jual, yaitu perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Perusahaan jasa menawarkan jasa atau layanan tertentu kepada konsumen.

Sementara itu, perusahaan dagang menawarkan barang dagang berupa produk barang untuk dibeli para konsumen. Dalam terminologi perusahaan dagang, persediaan atau stok berbagai produk barang disebut sebagai persediaan barang dagang, biasanya disimpan dalam gudang atau tempat penyimpanan perusahaan.

Setiap persediaan barang dagang akan dikelola oleh perusahaan untuk kemudian dijual dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Persediaan barang dagang ini perlu dikelola secara sistematis melalui aplikasi pencatatan stok barang. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai persediaan barang dagang. Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Menjelang Lebaran, Berikut Tips Berkendara Aman Saat Mudik

Pengertian Persediaan Barang Dagang

Persediaan barang dagang dapat diartikan sebagai persediaan berbagai produk yang ditujukan untuk dijual dari suatu perusahaan. Persediaan barang dagang atau dikenal dengan istilah Merchandise Inventory adalah produk-produk berupa barang yang dikelola oleh pemilik usaha dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Namun, tidak semua barang bisa dikategorikan sebagai persediaan barang dagang.

Produk berupa barang yang termasuk dalam kategori inventory dagang adalah jenis produk yang memberikan profit terhadap perusahaan. Stok barang dagang bisa dikategorikan sebagai aktiva dari suatu perusahaan karena dapat dijual untuk memperoleh harta berupa kas atau uang tunai. Barang yang digunakan sebagai alat operasional perusahaan seperti motor dan mobil perusahaan tidak bisa dikategorikan sebagai stok barang dagang. Anda bisa mengelola persediaan barang dagang menggunakan aplikasi pencatatan stok barang.

Manfaat Mengelola Persediaan Barang Dagang Menggunakan Aplikasi Pencatatan Stok Barang

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x