Kocak! Penyiar Radio di Malaysia Kumandangkan Adzan Magrib Lebih Cepat, Warga Batal Puasa Berjamaah

- 5 April 2022, 11:01 WIB
lupa makan dan minum saat berpuasa,hukumnya
lupa makan dan minum saat berpuasa,hukumnya /pixabay/ Servetphotograph/

CERDIK INDONESIA - Kejadian menggelitik datang dari negeri Jiran Malaysia dimana seorang penyiar radio salah menyetel suara adzan magrib lebih cepat yang membuat warga yang mendengar siaran radio tersebut batal secara 'berjamaah'.

Hal tersebut terjadi pada warga Tawau, Sabah yang mana Penyiar Radio Mohd Safwan Junit yang bekerja di Tawau FM harus meminta maaf karena menyiarkan azan Magrib empat menit lebih awal di hari pertama Ramadhan waktu Malaysia, Minggu 3 April, 2022 kemarin.

Mohd Safwan Junit yang memiliki program Syoknya Hujung Minggu dilaporkan telah menyiarkan azan Magrib pada pukul 18.16, padahal waktu sebenarnya adalah pukul 18.20 waktu setempat.

Baca Juga: Cari Ide Tontonan Ngabuburit? Kunjungi 5 Situs Streaming Nonton Anime 100% Legal!

Dalam permintaan maaf yang dibagikan melalui Facebook-nya, Safwan mengatakan masalah itu terjadi secara tidak sengaja dan karena kesalahan teknis.

“Saya Mohd Safwan Junit penyiar yang bertugas di Syoknya Hujung Minggu melakukan kesalahan teknis, di mana adzan Maghrib disiarkan dua kali yaitu sekitar pukul 18.16 dan yang kedua pada pukul 18.20,” tulisnya melansir Free Malaysia Today, Senin, 4 April 2022.

“Azan yang seharusnya dikumandangkan pada pukul 18.20 WIB dibunyikan lebih awal dari waktu yang telah ditentukan, sehingga menyebabkan banyak warga Tawau yang tidak sengaja berbuka puasa lebih awal dari waktu tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Dehidrasi Saat Menjalankan Puasa Ramadhan? Berikut Tips Ampuh Tetap Segar Meski Tanpa Air

Umat Islam yang sudah terlanjur membatalkan puasa akhirnya diminta untuk menggantinya di hari lain. Namun, tidak ada tanggung jawab dosa karena ini adalah kecelakaan.

“Umat Islam harus selalu waspada dan berhati-hati mengenai waktu berbuka puasa,” kata Mufti Sabah, Datuk Bungsu Aziz Jaafar, dikutip dari Bernama.

Insiden adzan lebih awal ini juga pernah terjadi pada Ramadan tahun lalu di Malaysia. Adzan di Masjid Al Khairiyah Taman Seri Gombang berkumandang 3 menit lebih cepat dan membuat banyak orang batal puasa berjamaah.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x