Menu Sehat dan Simple saat Sahur dan Berbuka bagi Ibu Hamil ala Dokter Boy Abidin

- 5 April 2022, 10:12 WIB
ILUSTRASI masa kehamilan.*
ILUSTRASI masa kehamilan.* /PIXABAY

CERDIK INDONESIA- Kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi seorang Ibu. Salah satu yang menjadi perhatian para ibu di masa kehamilan adalah asupan gizi. Selama 9 bulan, makanan yang dikonsumsi juga turut menentukan perkembangan kesehatan janin di dalam perut.

Nah, sehubungan dengan masa puasa yang sudah mulai dijalankan oleh umat Muslim, berikut ada beberapa tips menu sehat dan simpel ala Dokter Boy Abidin untuk para Ibu hamil. Yuk, disimak!

  1. Karbohidrat kompleks saat sahur, karbohidrat simpleks saat berbuka.

Dalam kanal Youtubenya, Dokter Boy menjelaskan bahwa salah satu asupan gizi yang harus diperhatikan oleh ibu hamil ialah kandungan karbohidrat. Untuk karbohidrat sendiri, Dokter Boy menjelaskan dua jenis karbohidrat yakni yang terasa manis atau yang dikenal dengan karbohidrat simpleks, dan yang tidak terasa manis atau karbohirat kompleks.

Dalam hal ini, Dokter Boy menyarankan karbohirat kompleks agar dikonsumsi saat sahur sebab lebih cepat mengenyangkan. Sedangkan karbohidrat simpleks cocok untuk berbuka puasa karena mengandung gula dan terasa manis.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Takjil Sehat dan Enak untuk Berbuka Puasa

  1. Sahur? Sereal dulu, yuk!

Untuk sahur, makanan seperti sereal atau makanan lain yang terbuat dari gandum adalah contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Dalam video di kanal Youtubenya, ia mencampur sereal rasa coklat, potongan buah pisang, serta susu sebagai menu sederhana saat sahur. Untuk seral sendiri, para ibu dapat memilih sesuai selera, sedangkan buah pisang direkomendasikan sebab mengandung karbohidrat, vitamin C, hingga kalium yang berfungsi untuk mempertahankan kadar gula darah selama berpuasa di siang hari.

Dokter Boy menambahkan, Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan pedas, serta makanan yang mengandung kandungan lemak yang cukup tinggi seperti makanan berminyak dan bersantan. Menurutnya, makanan-makanan seperti ini dapat membuat para Ibu hamil cepat merasa mual dan tidak baik bagi pencernaan terutama selama masa puasa.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi ibu hamil. Bagi semua umat Muslim yang berpuasa, mengonsumsi makanan seperti gorengan sebagai takjil saat berbuka, sekalipun sering ditemukan, sebaiknya dihindari. Alasannya, selama waktu puasa di siang hari, lambung menjadi kosong dan memakan makanan berminyak hanya akan menambah beban bagi lambung. Hal ini dapat berujung pada penyakit seperti nyeri dan asam lambung.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani

Sumber: YouTube dr. Boy Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x