[ INFO TERKINI] Pejabat AS: Belarus Dapat Turut Bergabung Dengan Invasi Ukraina

- 28 Februari 2022, 13:01 WIB
Vladimir putin akui Ukraina merdeka
Vladimir putin akui Ukraina merdeka /

CerdikIndonesia - Seorang pejabat senior intelijen AS mengatakan Belarus diperkirakan akan mengirim pasukan ke Ukraina pada Senin untuk berperang bersama pasukan Rusia yang menginvasi Ukraina pekan lalu.

Baca Juga: IOC Mendesak Badan Olahraga Untuk Membatalkan Acara di Rusia, Belarusia

Belarus telah memberikan dukungan untuk upaya perang Rusia, tetapi sejauh ini belum mengambil bagian langsung dalam konflik.

Pejabat Amerika itu memiliki pengetahuan langsung tentang penilaian intelijen AS saat ini dan mengatakan keputusan pemimpin Belarus tentang apakah akan membawa Belarus lebih jauh ke dalam perang tergantung pada pembicaraan antara Rusia dan Ukraina yang terjadi dalam beberapa hari mendatang. 

Pejabat itu berbicara secara anonim untuk membahas informasi sensitif tersebut.

Pasukan Rusia telah menghadapi perlawanan kuat dari para pembela Ukraina, dan para pejabat AS mengatakan mereka yakin invasi itu lebih sulit, dan lebih lambat, daripada yang dibayangkan Kremlin, meskipun itu bisa berubah saat Moskow beradaptasi.

Rusia tampaknya membuat Facebook sebagian besar tidak dapat digunakan di seluruh penyedia telekomunikasi terkemuka Rusia di tengah meningkatnya gesekan antara Moskow dan platform media sosial.

Pemantau internet yang berbasis di London NetBlocks melaporkan bahwa jaringan server distribusi konten Facebook di Rusia sangat dibatasi pada hari Minggu sehingga "konten tidak lagi dimuat, atau dimuat dengan sangat lambat membuat platform tidak dapat digunakan."

Regulator telekomunikasi Rusia Roskomnadzor pada hari Jumat mengumumkan rencana untuk "membatasi sebagian" akses ke Facebook. 

Pada hari yang sama, kepala kebijakan keamanan Facebook mengatakan perusahaan itu melarang media pemerintah Rusia menjalankan iklan atau mengambil untung di platformnya di mana pun di dunia.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x