Cerita Relawan Semeru dari Unpad: Logistik Cukup, Korban Butuh Layanan Dukungan Psikososial

- 22 Desember 2021, 05:45 WIB
Penamapkan Semeru diambil dari drone membuat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa terkejut..
Penamapkan Semeru diambil dari drone membuat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa terkejut.. /Tangkapan layar Youtube andrea ramadhan

CERDIKINDONESIA - Relawan gabungan Universitas Padjadjaran (Unpad) menjalankan misi kemanusiaan bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Mereka pun telah kembali, Senin 20 Desember 2021.

Selama seminggu, relawan Unpad membantu Basarnas melakukan penanganan pascabencana dan pendampingan penyintas.

Salah satu relawan Faiq Dhiya Ulhaq M mengungkapkan, relawan Unpad yang terdiri dari perwakilan organisasi Padjadjaran Nursing Corps, KSR PMI, Unit SAR Unpad, Unit Pencinta Alam Palawa Unpad, Atlas Medical Pioneer FK Unpad, HSE Geologi Unpad, dan BEM Kema melaksanakan giat penanganan bencana di beberapa dusun Kecamatan Candipuro, yaitu Desa Sumbermujur, Penanggal, dan Sumberwuluh.

Baca Juga: Gus Yahya Tidak Mau Ada Calon Presiden atau Wakil Presiden dari PBNU

Di tiga dusun tersebut, relawan terbagi menjadi dua tim. Tim medis yang digawangi teman-teman AMP FK, KSR PMI, dan PNC melakukan pendistribusian logistik obat-obatan sembari melakukan cek kesehatan kepada para penyintas.

“Sementara teman-teman di Palawa, SAR, HSE dan Unpad bergabung di tim Search and Rescue Unit (SRU) 3 melakukan penyisiran di lokasi yang dicurigai masih ada korban tertimbun,” kata Faiq.

Kendati sempat terjadi erupsi susulan pada Kamis (16/12/2021) lalu, Faiq memastikan bahwa relawan Unpad berada dalam kondisi yang aman. “Saat erupsi (susulan) pertama terjadi, semua tim (Basarnas) ditarik mundur ke posko utama. Ketika erupsi kedua, hujan abunya sampai ke posko, tetapi alhamduillah aman,” ujar alumnus Prodi Sastra Sunda Unpad tersebut.

Proses pencarian dan evakuasi resmi ditutup di hari yang sama. Setelah itu, relawan juga melakukan asesmen terhadap sejumlah kondisi pascabencana.

Baca Juga: Profil Abdul Gafur, Staf Sri Mulyani yang Pidatonya Menggemparkan Boston University

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x