Sejarah Hari Maritim Nasional 21 Agustus Lengkap dengan Link Twibbon Keren dan Mudah Dipasang

- 19 Agustus 2021, 14:37 WIB
Pengibaran Bendera Merah Putih dan Penanaman Terumbu Karang Buatan di bawah laut Perairan Barat Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara oleh penyelam dari Harita Nickel, Selasa 17 Agustus 2021
Pengibaran Bendera Merah Putih dan Penanaman Terumbu Karang Buatan di bawah laut Perairan Barat Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara oleh penyelam dari Harita Nickel, Selasa 17 Agustus 2021 /Harita Nickel/Suara Ternate

CERDIK INDONESIA - Tepat pada 21 Agustus 1945 atau 76 tahun yang lalu, Angkatan Laut Indonesia berhasil mengambil alih kedaulatan Republik Indonesia atas Jepang.

Kedaulatan Indonesia haruslah menyeluruh, bukan hanya darat dan udara saja tetapi juga kedaulatan laut atau maritim.

Berkat perjuangan yang tak kenal menyerah, maka tanggal 21 Agustus pun sering diperingati sebagai Hari Maritim Nasional.

Keberadaan Maritim untuk Indonesia sangatlah penting, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipersatukan oleh lautan.

Baca Juga: Link Twibbon Hari Maritim Nasional 21 Agustus 2021 Terbaru dan Terlengkap!

Kekayaan laut Indonesia tak perlu diragukan. Tidak hanya itu, kekayaan SDA seperti minyak bumi, mutiara, hingga potensi pariwisata kelas dunia tersaji secara alamiah.

Kekayaan Indonesia "mengundang" oknum-oknum jahat untuk kembali menguasai laut atau maritim Indonesia yang begitu sangat kaya.

Maritim Indonesia juga sering dijadikan lokasi transit bagi pedangan dari India dan Cina. Tepatnya Sebelum kemerdekaan Indonesia.

Bahkan jauh sebelum itu, Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan yang berhasil menyatukan wilayah-wilayah Nusantara dan mendirikan kota pelabuhan.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x