Menteri Teten Masduki Sebut Kondisi UKM di Indonesia Membaik

- 11 Agustus 2021, 14:50 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. /Jurnal Soreang /kemenkopukm.go.id

CerdikIndonesia - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki mengatakan, kondisi UKM menunjukkan perbaikan pada kuartal II 2021.

Hal itu ditunjang oleh sejumlah kebijakan pemerintah dalam membantu UMKM pada masa sulit pandemi.

Teten mengatakan, pelaku UKM menghadapi sejumlah tantangan karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hasil Antigen Syarat Perjalanan Antar Provinsi: Berikut Persyaratan Perjalanan Dalam Negeri dan Keluar Negeri

Di antaranya, kesulitan memperoleh modal, kesulitan mengakses modal dari perbankan hingga kesulitan mendapat bahan baku karena suplai bahan baku berkurang. Dengan bantuan dari pemerintah, pelaku UKM bisa mengatasi berbagai tantangan tersebut.

Bantuan dari pemerintah di antaranya berupa keringanan pajak, relaksasi pinjaman bank, meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi digital hingga memperluas pasar.

Ketika pelaku UKM mampu memanfaatkan teknologi digital, maka pasar produknya bisa diperluas ke mancanegara.

Karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM juga mendorong UKM meningkatkan standar produknya sehingga bisa diterima di pasar global.

"Perlu dukungan dari berbagai pihak untuk mempercepat pemulihan sektor UKM, seperti mempercepat penerapan teknologi oleh UKM," kata Teten dalam "The 6th International Conference on Management in Emerging Market 2021", Rabu, 11 Agustus 2021.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x