Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Tindak Tegas Bripka CS Terkait Penembakan di Cafe RM Cengkareng

- 25 Februari 2021, 21:39 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. /Antara/

CerdikIndonesia -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Surat Telegram Rahasia (STR) terkait penembakan yang dilakukan oleh Bripka CS di Cafe RM Cengkareng.

Penembakan tersebut menewaskan setidaknya tiga orang yang salah satunya adalah anggota aktif TNI.

Baca Juga: Korban Penembakan Brutal di RM Cafe Ternyata Anggota TNI, Pangdam Jaya: Jangan Mudah Terpengaruh

Instruksi itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/396/II/HUK.7.1./2021 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri per 25 Februari 2021.

Surat tersebut diterbitkan bertujuan untuk menghindari kejadian serupa dan menjaga solidaritas antara Polri dan TNI, mengingat korban dari penembakan tersebut adalah anggota TNI aktif.

Dalam Surat Telegram Rahasia (STR) tersebut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan 5 poin, berikut instruksinya :

  1. Menindak tegas anggota Polri yang terlibat dalam kejadian tersebut dengan melaksanakan proses pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dan proses pidana.
  2. Secara proaktif terus meningkatkan sinergitas antara Polri dan TNImelalui kegiatan operasional terpadu, keagamaan, olahraga bersama kolaborasi giat sosial atau kemasyarakatan.

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit didesak Untuk Segera Menangkap Munarman Karena Mengikuti Acara Baiat Terhadap ISIS

  1. Memperketat proses pinjam pakai senpi dinas yang hanya diperuntukkan bagi anggota Polri yang memenuhi syarat dan tidak bermasalah serta terus memperkuat pengawasan dan pengendalian dalam penggunaannya.
  2. Memerintahkan para kasatwil dan pengemban fungsi propam untuk melaksanakan koordinasi dengan satuan TNIsetempat dan POM TNIuntuk terus mengantisipasi dan menyelesaikan perselisihan atau permasalahan antara anggota Polri dan TNI secara cepat, tepat, tuntas dan berkeadilan.
  3. Pada kesempatan pertama melaporkan setiap upaya-upaya penanganan dan pencegahan terhadap perselisihan dan keributan antara anggota Polri dan TNIyang telah dilaksanakan di masing-masing wilayahnya kepada Kapolri.

Dalam kronologi tersebut pelaku melakukan aksinya di RM Cafe di Jalan Lingkar Luar Barat No 3A, RT 012/02, Kecamatan Cengkareng sekitar pukul 04:00 WIB. 

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Lantik Pejabat Baru di Kalangan Polri, Ini Daftarnya

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x