Vaksin Covid-19 Tak Gratis Untuk Semua, Berapa Harga Untuk Dapatkan Vaksin Sinovac?

- 8 Desember 2020, 16:12 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /pixabay.com/fernandozhiminaicela

CERDIKINDONESIA - Vaksin Covid-19 telah mendarat di Indonesia, minggu 6 Desember 2020 jam  pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: BMKG Minta Masyarakat Indonesia Waspada pada Bibit Siklon Tropis yang Muncul Dekat Banten

Hal ini, disampaikan oleh Presiden Jokowi, pemerintah masih akan menambah pada awal Januari dengan 1.8 juta dosis.

"Setelah mendapatkan izin dari BPOM, baru kita lakukan vaksinasi. Kaidah-kaidah saintifik, kaidah-kaidah ilmiah ini juga saya sudah sampaikan, wajib diikuti. Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi," kata Presiden Joko Widodo, Senin 7 Desember 2020.

Namun, masyarakat mesti mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan vaksin tersebut. Untuk harga vaksin Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sedikit bocroannya. 

Baca Juga: Begini Kondisi 6 Jenazah Aggota FPI yang Tewas di Tangan Aparat Kepolisian 

Menkeu menjelaskan mengungkapkan berapa anggaran yang mesti dikeluarkan pemerintah untuk vaksin corona. Kementerian Kesehatan telah menggelontorkan dana sebesar Rp 637.3 miliar untuk pengadaan vaksin tersebut. 

"Untuk 2020 Kementerian Kesehatan telah membelanjakan Rp 637.3 miliar untuk pengadaan vaksin, yaitu untuk 3 juta dosis dari Sinovac dan 100 ribu dosis dari Cansino," ujar Sri Mulyani dalam virtual conference membahas pengadaan vaksin, Senin 7 Desember 2020.

Kemudian, melalui Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan mengatakan untuk segi efikasi vaksin COVID-19 Sinovac yakni sekitar 97 persen, hasil sementara dari uji klinis fase 3 yang dilakukan oleh FK Unpad, Bandung.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x