Kasus Covid-19 Tertinggi di Jateng, Luhut Minta Ganjar Pranowo Tambah Fasilitas Isolasi Terpusat

- 2 Desember 2020, 05:43 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan setelah menggelar rapim di KKP pada Jumat, 27 November 2020.
Luhut Binsar Pandjaitan setelah menggelar rapim di KKP pada Jumat, 27 November 2020. /kkp.go.id

 

CerdikIndonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meningkatkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat sebagai upaya menekan kenaikan angka terkonfirmasi positif COVID-19 di lima kabupaten dan kota di Jateng.



Luhut menilai pemanfaatan fasilitas isolasi terpadu akan dapat menekan penularan virus corona tersebut. Dia juga khawatir bila pasien yang sudah terkonfirmasi positif tidak segera diisolasi justru akan menularkan kepada keluarga terdekat sehingga menjadi klaster keluarga.

 

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Gubernur Jatim Khofifah Salurkan Bantuan untuk Warga

 



"Tolong Pak Ganjar (Gubernur Jateng) dan wali kota yang kasusnya tinggi segera perbanyak fasilitas isolasi mandiri terpusat berkoordinasi dengan BNPB, nanti dananya dibantu mereka," pinta Luhut dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kenaikan Kasus COVID-19 Jawa Tengah yang dilaksanakan secara virtual, Selasa.

 



Fasilitas isolasi terpadu bisa digunakan untuk pasien tanpa gejala dan bergejala ringan sehingga pasien dapat dipantau secara optimal.

"Seperti di Wisma Atlet, pasien bergejala awal dan ringan cepat ditangani dan diisolasi sehingga mencegah kondisi gawat yang menyebabkan kematian," kata Luhut yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x