Gubernur DKI : Pengangguran Di Indonesia Paling Banyak Di Jakarta

- 6 November 2020, 19:54 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /Instagram @aniesbaswedan

 

CerdikIndonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pengangguran di Indonesia paling banyak ada di Jakarta, dan tak lepas dari adanya krisis kesehatan dampak pandemi COVID-19.

 Baca Juga: Biden Memimpin Sementara di Georgia

Kata Anies, penting sekali untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. "Kontraksi ekonomi yang terjadi adalah karena ada masalah krisis kesehatan," katanya.

Menurut Anies, selama krisis kesehatan belum selesai dikendalikan, maka masalah ekonomi akan terus terdampak. Salah satu efeknya adalah serapan tenaga kerja yang berkurang, termasuk ketersediaan lapangan kerjanya juga terganggu.

"Karena itulah kita melihat penting sekali bagi sisi pemerintah melaksanakan 3T dengan serius untuk menyelesaikan masalah pandemi ini," katanya.

 Baca Juga: Setelah 5 Tahun, Akhirnya Afgan dan Raisa Kolaborasi

Sektor perekonomian bukan semata-mata karena salah hitung investasi atau karena ada kegiatan perekonomian yang salah, tapi lebih merupakan efek samping dari masalah kesehatan.

Karena itu, dia berkeyakinan, jika masalah kesehatan ini bisa terkendalikan Jakarta akan yang tercepat kembali. "Kenapa? Karena lapangan pekerjaannya tersedia, yang berkurang itu tingkat kegiatannya," kata dia.

 

BPS menyebut angka pengangguran Indonesia pada 2020 menjadi 9,77 juta dengan paling banyak ada di Jakarta sebesar 10,95 persen.

Salah satu penyebab meningkatnya TPT nasional menjadi 7,07 persen pada Agustus lalu adalah pandemi COVID-19 yang sudah terjadi sejak Maret 2020.

Jika dilihat menurut provinsi, pengangguran terbuka paling banyak di DKI Jakarta. Di ibu kota ini tingkat penganggurannya mencapai 10,95 persen pada Agustus 2020 atau di atas rata-rata nasional 7,07 persen.

 Baca Juga: Inilah Lirik Lagu 'Look At Me Now' oleh Ramengvrl feat Ted Park

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x