Bagaimana Hukum ISelingkuh Dalam Pandangan Islam?

- 28 Juni 2024, 21:38 WIB
SEDANG RAMAI!Ini Penyebab Paling Dominan Terjadinya Selingkuh pada Pasangan
SEDANG RAMAI!Ini Penyebab Paling Dominan Terjadinya Selingkuh pada Pasangan /

Cerdik Indonesia - Perbuatan selingkuh merupakan hubungan setubuh antara seorang laki-laki dengan perempuan yang sudah menikah dengan orang lain yang bukan pasangannya.

Selingkuh termasuk perbuatan keji yang sangat dilarang dalam Islam. Hakikatnya, seseorang yang menikah memiliki tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala serta menjaga diri dari segala godaan hawa nafsu.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo Dikabarkan Dituntut 12 Tahun Penjara

Apabila seorang suami atau istri tergoda dengan orang lain dan melakukan perselingkuhan, maka salah satu di antara mereka telah mengingkari komitmen pernikahan. Sedangkan Hukum perselingkuhan dalam Islam tentu saja diharamkan sebab termasuk perbuatan zina.

Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam melarang keras merusak kehidupan rumah tangga orang lain. Sebagaimana yang dijelaskan dibawah ini:

Dari Abu Hurairah RadiyaAllahu ‘anhu ia berkata Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: "Bukan bagian dari kami, orang yang menipu seorang perempuan atas suaminya atau seorang budak atas tuannya" (HR Abu Dawud).

Baca Juga: TPPAS REGIONAL LEGOKNANGKA Pemdaprov Jabar Tandatangani Perjanjian dengan PT JES

Berdasarkan hadits tersebut, Islam memandang buruk perselingkuhan dan perbuatan tipu daya yang dilakukan seorang lelaki untuk menjauhkan perempuan dari suaminya.

Dalam hadits lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam juga menyebutkan bahwa:

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah