Koes Plus: Legenda Musik Indonesia yang Tak Lekang oleh Waktu, Sejarah, Pengaruh Hingga Kesuksesannya

- 13 September 2023, 20:45 WIB
Lirik Lagu Koes Plus Buat Apa Susah
Lirik Lagu Koes Plus Buat Apa Susah /Koesplus.indonesia

Cerdik Indonesia - Koes Plus adalah salah satu grup musik legendaris Indonesia yang telah berkiprah selama lebih dari 50 tahun. Dibentuk pada tahun 1969 oleh keluarga Koeswoyo, Koes Plus telah menghasilkan ratusan lagu yang menjadi hits dan digemari oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Sejarah Koes Plus

Awalnya, Koes Plus bernama Koes Bersaudara. Grup musik ini dibentuk oleh lima bersaudara Koeswoyo, yaitu Tony Koeswoyo (vokal dan gitar), Yon Koeswoyo (bass), Yok Koeswoyo (drum), Nomo Koeswoyo (gitar), dan Mudji Koeswoyo (keyboard). Koes Bersaudara mulai aktif bermusik pada tahun 1962 dan telah merilis beberapa album sebelum akhirnya berganti nama menjadi Koes Plus pada tahun 1969.

Pergantian nama ini terjadi setelah Nomo Koeswoyo memutuskan untuk keluar dari grup dan digantikan oleh Murry, yang bukan anggota keluarga Koeswoyo. Dengan formasi baru ini, Koes Plus semakin populer dan berhasil meraih berbagai kesuksesan.

Kesuksesan Koes Plus

Koes Plus telah menghasilkan ratusan lagu yang menjadi hits di Indonesia, di antaranya "Andaikan Kau Datang", "Bintang Kehidupan", "Sepasang Mata Bola", "Duka Menanti", "Cinta Pertama", "Kupu-Kupu Malam", "Kisah Sedih di Hari Minggu", dan masih banyak lagi. Lagu-lagu Koes Plus memiliki ciri khas yang khas, yaitu perpaduan antara musik pop dan rock yang dibalut dengan lirik yang sederhana dan mudah diingat.

Selain lagu-lagunya yang populer, Koes Plus juga dikenal sebagai grup musik yang inovatif. Mereka tidak takut untuk bereksperimen dengan berbagai genre musik, mulai dari pop, rock, hingga dangdut. Koes Plus juga merupakan salah satu grup musik Indonesia pertama yang menggunakan alat musik elektrik.

Dampak Koes Plus

Koes Plus telah memberikan dampak yang besar bagi perkembangan musik Indonesia. Mereka telah mempopulerkan musik pop di Indonesia dan membuka jalan bagi grup musik lain untuk berkarya. Koes Plus juga telah menjadi inspirasi bagi banyak musisi Indonesia, baik di masa lalu maupun saat ini.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x