Atasi Masalah Polusi Udara Jakarta, Menkes Contoh Tiongkok

- 31 Agustus 2023, 23:32 WIB
Foto Menkes RI Budi Gunadi
Foto Menkes RI Budi Gunadi /BBC /

CERDIK INDONESIA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengusulkan kepada Kepala Negara agar meniru Tiongkok dalam mengatasi permasalahan polusi udara, terutama di Jakarta. Sejauh ini, menurutnya, Tiongkok menjadi negara tercepat yang mampu menurunkan polusi udara dibandingkan negara-negara lain. 

Ia menerangkan, Tiongkok bisa menjadi contoh sukses mengatasi buruknya kualitas udara. Menurutnya, Tiongkok dapat menurunkan polusi dalam waktu cukup cepat.

"Jadi memang negara yang paling cepat menurunkan polusi itu Tiongkok dalam enam tahun, tujuh tahun. Dia bisa turun secara drastis dan itu persiapan Beijing Olympic," kata Menkes kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023. 

Menkes mengaku melihat sendiri perbandingan kualitas udara di Tiongkok. Mulai dari sebelum dan sesudah Beijing Olympic digelar. 

"Saya sendiri pernah datang ke Tiongkok sebelum Beijing olympic dan sesudah. Juga memang jauh berbeda kualitas udaranya," katanya.  

Dengan demikian, Budi optimis kualitas udara yang sedang buruk saat ini bisa diperbaiki. Salah satu caranya melalui upaya surveilans yang baik di tiap-tiap daerah.

"Yang dilakukan pemerintah Tiongkok salah satunya surveilansnya bagus. Jadi dia bisa diatasi daerah mana yang tinggi," katanya. 

Dalam penanganan polusi udara, Kemenkes akan lebih berfokus pada sisi hilir, khususnya penurunan risiko dan dampak kesehatan. Selain itu, pihaknya juga membantu melakukan pemantauan kualitas udara di puskesmas.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x