Mengenal Sosok Cillian Murphy, Pemeran Utama di Film Oppenheimer yang akan Rilis 19 Juli Mendatang

- 11 Juli 2023, 18:05 WIB
Cillian Murphy dalam cuplikan trailer Oppenheimer.
Cillian Murphy dalam cuplikan trailer Oppenheimer. /YouTube Universal Pictures/

Cerdik Indonesia - Cillian Murphy, sosok yang dikenal sebagai pemeran utama yakni Thomas Shelby di serial Peaky Blinders akan memerankan karakter J. Robert Oppenheimer dalam film biografi terbaru berjudul Oppenheimer yang akan tayang di bioskop pada Rabu, 19 Juli 2023 mendatang.

Oppenheimer merupakan film karya Christopher Nolan yang diangkat dari buku berjudul American Prometheus karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Dalam film yang berdurasi kurang lebih tiga jam itu, Cillian Murphy akan beraksi sebagai sosok Oppenheimer, Oppenheimer adalah seorang ahli fisika teoretis dan administrator sains Amerika. Dia juga dikenal sebagai seorang fisikawan teoretis yang membantu mengembangkan senjata nuklir pertama yang ada di dunia. 

 

Mengenal sosok Oppenheimer

Sosok Oppenheimer yang dimainkan oleh Cillian Murphy dilansir dari Britannica, Oppenheimer dikenal sebagai direktur Laboratorium Los Alamos pada rentang waktu 1943-1945 atau selama pengembangan bom atom. Dia juga direktur Institute for Advanced Study, Princeton pada periode 1947-1966.

Oppenheimer kemudian dituduh tidak setia kepada negara. Dia disidang dengar pendapat oleh pemerintah, yang mengakibatkan hilangnya izin keamanan dan posisinya sebagai penasihat eselon tertinggi pemerintah AS.

Dan kasus ini menjadi penyebab utama dalam dunia sains karena implikasinya terhadap isu-isu politik dan moral yang berkaitan dengan peran ilmuwan dalam pemerintahan.

 

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x