Kampung Anggur di Gang Neglasari Cimahi, Warga Kreatif Bertanam Anggur Walaupun di Gang dan Lahan Kecil

- 22 Mei 2023, 13:42 WIB

CERDIK INDONESIA – Sangat kretif dan inovatif,  warga bercocok tanam di Gang Neglasari, RT 2-RW 2, Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, lahan yang sempit tidak menjadikan warga pesimis. Namun lahan yang terbatas, sepanjang lorong gang yang sempit di gang Neglasari hanya sekiatran 2 meter bisa dijadikan sebagai kebun anggur oleh warga tersebut.

Tidak hanya di area gang, warga juga menanam tanaman anggur melalui rangka baja ringan dan pagar rumah warga. sehingga kampung anggur tersbut bisa dijadikan motivasi bagi masyarakat lain untuk berkreativitas.

Baca Juga: Desta Menggugat Cerai Istrinya Natasha Rizki, Permohonan Telah Dikirim ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan

Titan Rochmutoarawan, salah satu penggagas kampong anggur mengatakan bahwa ide menyulap lorong dan gang tersebut yang dijadikan kebun anggur dimulai pada awal tahun 2023.

"Pengurus RT punya keinginan untuk membuat Kampung Anggur dengan tujuan kemandirian ekonomi," ujarnya, Minggu, 21 Mei 2023.

Digagasnya ide kamung anggur tersbut adalah untuk meningkatkan perekonomian warga. Sehingga warga berantusias ikut menanam tanaman anggur.

Baca Juga: Sopir Odong-Odong Perkosa Gadis Sebanyak 4 Kali Hingga Hamil 3 Bulan di Kalideres Jakarta Barat

Setelah itu, masyarakat mulai mencoba mengususlkan kepada pemkot Cimahi agar mendapatkan bantuan dana. Akhirnya pada November 2022 kampung anggur mulai terelaisasi dengan bantuan dana dari pemkot Cimahi dan uang urunan masyarakat tersebut.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x