Kenapa 1 Mei disebut Hari Buruh? Inilah Sejarah Hari Buruh ditetapkan Sebagai Hari Libur di Indonesia

- 1 Mei 2023, 09:36 WIB
Ilustrasi. 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh arau May Day.
Ilustrasi. 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh arau May Day. /Pixabay/ MarkoLovric

CERDIK INDONESIA – Hari Buruh atau May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei setiap tahunnya sebagai hari libur di banyak negara. Di Indonesia, Hari Buruh diperingati sebagai hari libur nasional sejak tahun 2014.

 

Hari ini menggantikan Hari Buruh Internasional yang sebelumnya diperingati pada tanggal 1 Mei. Perubahan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pekerja di Indonesia dalam memperjuangkan bak-hak mereka di tempat kerja.

Lantas bagaimana awal mula Hari Buruh ini tercipta? Berikut adalah sejarah mengenai awal mula Hari Buruh di seluruh dunia hingga Hari Buruh ditetapkan sebagai hari libur.

Sejarah Hari Buruh

Sudah Ada Sejak Akhir Abad ke-19

Hari buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei ini ternyata sudah ada sejak akhir abad ke-19. Saat itu gerakan buruh mulai tumbuh dan menjadi lebih terorganisir di seluruh dunia.

Baca Juga: Para Buruh Wajib Tahu! Ini Dia 10 Hak dan Kewajiban Buruh yang Jarang Diketahui  Orang

Masa itu, kebanyakan pekerja berada dalam kondisi yang sangat buruk, dengan jam kerja yang sangat panjang dan upah yang sangat rendah. Pekerja juga tidak mememiliki hak untuk memperjuangkan hak-hak mereka atau membentuk serikat kerja.

Gerakan Mogok Kerja

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah