Mengenal Gerhana Matahari Hybrid, Fenomena yang akan Terjadi di Indonesia 20 April 2023 Mendatang

- 4 April 2023, 21:13 WIB
ilustrasi. gerhana matahari
ilustrasi. gerhana matahari /Pexels.com/ Achoos Philip

CERDIK INDONESIA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi bahwa di Indonesia akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Hybrid pada Kamis, 20 April 2023 mendatang.

 

Gerhana matahari hybrid terjadi ketika gerhana matahari menjadi gabungan dari gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin.

Artinya, saat gerhana matahari hybrid terjadi, terdapat wilayah di bumi dimana gerhana matahari tampak total dan wilayah lainnya dimana gerhana matahari tampak cincin.

Baca Juga: LINK STREAMING Gerhana Matahari Hybrid, Fenomena yang Akan Hadir di Indonesia 20 April 2023

Gerhana matahari hybrid terjadi ketika orbit bulan yang mengelilingi bumi dan orbit bumi yang mengelilingi matahari sedang sejajar.

Gerhana matahari hybrid terbilang jarang terjadi jika dibandingkan dengan gerhana matahari total atau gerhana matahari cincin. Bahkan dalam kurun waktu 500 tahun terakhir, hanya ada 5-6 kali gerhana matahari hybrid saja yang terjadi.

Salah satu gerhana matahari hybrid terakhir terjadi pada tanggal 3 Novemver 2013, dan dapat terlihat di beberapa wilayah di bumi bagian selatan Samudra Atlantik, bagian selatan Afrika, dan bagian timur laut Amerika Selatan.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x