Sejarah Singkat Peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2022

- 25 November 2022, 13:45 WIB
peringatan Hari Guru Nasional 2022.
peringatan Hari Guru Nasional 2022. /Tangkapan layar Twibbonize./

Cerdik Indonesia - Hari Guru Nasional yang selalu diperingati pada tanggal 25 November memiliki sejarah yang sangat mendalam. Hal ini merupakan hari istimewa bagi dunia pendidikan Indonesia.

Guru merupakan  pelopor pendidikan yang mempunyai tujuan membangun kecerdasan anak bangsa. Guru memiliki peranan penting dalam membangun generasi-generasi penerus bangsa menjadi lebih baik.

Pada mulanya Hari Guru Nasional terbentuk dari ditetapkannya Keputusan Presiden No. 78 Tahun 1994, dimana saat itu keputusan tersebut dibuat oleh Presiden Soeharto.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Guruku Tersayang Memperingati Hari Guru Nasional 25 November 2022, Pagiku Cerahku

Dibentuknya Hari Guru Nasional memiliki tujuan antara lain sebagai penghormatan atas pengabdian dan jasa seluruh guru yang ada di Republik Indonesia.

Pada mulanya berawal dari terbentuknya Persatuan Hindia Belanda (PGHB) yang kemudian pada tahun 1912 berganti nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Salah satu hal yang menjadi tujuan berdirinya PGHB saat itu sebagai forum untuk memperjuangkan nasib dan memajukan kesejahteraan para anggota guru yang berasa dari latar belakang berbeda.

Baca Juga: Makna dan Lirik Lagu Guruku Tersayang - Melly Goeslaw : Pagiku Cerah, Matahari Bersinar, Hari Guru Nasional

Karena tekad persatuan yang sangat kuat untuk memperjuangkan hak dan posisi dari tangan pemerintahan Belanda saat itu, akhirnya terwujudlah sebuah kesuksesan ketika posisi jabatan Kepala Hollandsch Inlandsche School (HIS) yang awalnya selalu dijabat oleh orang Belanda kemudian berubah menjadi dijabat oleh orang Indonesia.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x