Waspada! Inilah 3 Sesar di Jawa Barat Selain Sesar Cimandiri yang Diduga Menyebabkan Gempa Cianjur

- 22 November 2022, 11:45 WIB
Waspada! Inilah 3 Sesar di Jawa Barat Selain Sesar Cimandri yang  Diduga Menyebabkan Gempa Cianjur
Waspada! Inilah 3 Sesar di Jawa Barat Selain Sesar Cimandri yang Diduga Menyebabkan Gempa Cianjur /Twitter/@DaryonoBMKG./

CERDIK INDONESIA - Beberapa wilayah di Jawa Barat harus waspada karena berada di wilayah sesar aktif, seperti Cianjur, Lembang, Sukabumi, Bandung dan Purwakarta.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, wilayah tersebut harus waspada terhadap gempa karena dilewati oleh sesar Cimandiri, Padalarang, Cirata dan Lembang.

"Disebut seismik aktif karena hasil monitor BMKG di daerah itu sering terjadi gempa dengan berbagai variasi dan kedalaman," katanya, dikutip pada Selasa, 22 November 2022.

Baca Juga: Pasca Gempa Cianjur, Dinar Candy: Ya Allah Temukan Dengan Selamat Adik Aku

Sehubungan dengan hal tersebut, gempa di Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022, diduga karena sesar Cimandiri.

Dataran perbukitan yang bergelombang sampai terjal lalu pada bagian tenggara gunung api gede yang gampang lepas menbuat terjadinya gempa.

Daerah tersebut menjadi rawan terkena gempa karena perbukitannya tersusun oleh endapan kuarter menyerupai batuan rombakan gunung api muda dan alluvial sungai yang lunak.

Baca Juga: Kontak Rekrutmen Relawan Gempa Cianjur, Bisa Mendaftarkan Diri Melalui Jabar Quick Respons

Masyarakat Jawa Barat harus mewaspadai timbulnya gempa, karena selain sesar Cimandri ada juga sesar-sesar lainnya.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x