Rebo Wekasan 2022 Jatuh pada Tanggal 21 September, Mbah Moen: Kerjakan Amalan di Rabu Terakhir Bulan Safar Ini

- 19 September 2022, 22:18 WIB
Mbah Moen Ijazahkan Amalan Rebo Wekasan
Mbah Moen Ijazahkan Amalan Rebo Wekasan /Mbah Moen Ijazahkan Amalan Rebo Wekasan/

 

CERDIK INDONESIA - Berikut akan dibahas mengenai Rebo Wekasan yang ada dalam bulan Safar yang merupakan bulan kedua dari penanggalan Hijriyah dalam umat muslim atau Islam.

Per tanggal 29 Agustus 2022, menurut penanggalan Islam kita mencapai bulan Safar. Sedangkan Rebo Wekasan pada tahun ini bertepatan pada tanggal 21 September 2022.

Bulan Shafar adalah bulan kedua dalam penanggalan Hijriyah dalam Islam. Sebagaimana bulan lainnya, Shafar merupakan bulan dari bulan-bulan Allah yang  tidak memiliki kehendak dan  berjalan sesuai dengan apa yang Allah ciptakan untuknya.

Baca Juga: SINOPSIS Cinta Setelah Cinta Episode 190 Hari Ini dan Link Nonton : Pelukan Terakhir Starla untuk Niko

Masyarakat jahiliyah kuno, termasuk bangsa Arab, sering mengatakan bahwa bulan Shafar adalah bulan sial. Tasa'um (anggapan sial) ini telah terkenal pada umat jahiliah dan sisa-sisanya masih ada di kalangkan muslimin hingga saat ini.

Abu Hurairah berkata, bersabda Rasulullah, "Tidak ada wabah (yang menyebar dengan sendirinya tanpa kehendak Allah), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga tidak ada kesialan pada bulan Shafar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa." (HR Imam al-Bukhari dan Muslim).

Secara historis, bulan Safar merupakan waktu di mana penghuni Mekkah mulai merantau meninggalkan kotanya.

Dibulan Shafar ini ada yang dinamakan dengan Rebo Wakasan. Kerap Disebut kalau bulan Safar ini penuh dengan kesialan serta bala dan bencana dari Allah SWT. Terutama pada Rebo Wekasan, ada ritual tolak bala serta pelindung dari marabahaya langsung dari Mbah Moen.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x