Mengenang Kartini, Ini Rekomendasi Film yang Bisa Kamu Tonton di Hari Kartini

- 21 April 2022, 08:30 WIB
Jadwal Acara Trans7 Hari Ini, Kamis 21 April 2022: Tonton Movievaganza Spesial: Kartini, Lapor Pak!, Pas Buka
Jadwal Acara Trans7 Hari Ini, Kamis 21 April 2022: Tonton Movievaganza Spesial: Kartini, Lapor Pak!, Pas Buka /Instagram @kartinifilm/

CERDIK INDONESIA - Hari lahirnya Raden Ajeng Kartini yang biasa kita peringati setiap tanggal 21 April menjadi sebuah fenomena bersejarah sendiri bagi masyarakat Indonesia. Tak ingin merayakannya dengan biasa-biasa saja, masyarakat Indonesia biasanya mengadakan berbagai event seperti perlombaan membaca puisi hingga lomba menyayikan lagu daerah yang bertujuan untuk memeriahkan perayaan hari Kartini. 

Namun, daripada hanya sekadar menikmati euforia hari Kartini, kamu sebaiknya juga harus tahu sejarah di balik pahlawan wanita yang dikenal dengan bukunya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” ini. Selain bisa mengetahui sejarah perjuangannya, kamu juga bisa belajar dari nilai serta semangat Ibu Kartini.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Kartini yang Bisa Kamu Jadikan Referensi di Tahun Ini

Nah, buat kamu yang belum pernah atau ingin sekali melihat perjuangan Kartini bukan dari buku, beberapa film mengenai Kartini ini wajib kamu tonton.

  1. R. A. Kartini (1982)

Film yang diperankan oleh Jenny Rachman sebagai Kartini ini bercerita tentang kehidupan Kartini dari kecil hingga wafatnya pada tahun 1904. Melewati pendidikanya di Europese Lagere School sebelum akhirnya dipingit pada usia 12 tahun, Kartini sudah dikenal kritis sejak usia muda.

Baca Juga: 21 LINK TWIBBON Hari Kartini 2022, Pasang dan Download Foto Lalu Bagikan ke FB, IG dan WA, Meriahkan !

Dalam film ini, kamu juga bisa mendengar Kartini yang fasih berbicara 3 bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Belanda. Kecerdasan dan sikap kritisnya terhadap kehidupan kaum perempuan pada masa itu dibungkus dengan begitu jujur.                                                                                                  

Sebagaimana film klasik lainnya, adegan-adegan dalam film ini masih menghasilkan gambar yang buram. Tetapi, jika kamu mau melihat kembali perjuangan Kartini pada masa itu, film ini sangat mungkin dapat membuat kamu kagum dan wajib masuk daftar rekomendasi.

  1. Surat Cinta Untuk Kartini (2016)

Film yang diperankan oleh Rania Putrisari dan Chicco Jericho ini digarap oleh sutradara Azhar Kinoi. Film ini menceritakan kisah seorang tukang pos bernama Sarwadi yang diperankan oleh Chicco Jericho, yang sehari-harinya mengantarkan surat untuk R.A. Kartini.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x