Buah dari Demo BEM SI dengan Aksi Nasional 114, Jokowi dengan Tegas Bantah Tiga Periode

- 11 April 2022, 14:23 WIB
Presiden Jokowi rapat terbatas membahas persiapan dan jadwal pemilu 2024.
Presiden Jokowi rapat terbatas membahas persiapan dan jadwal pemilu 2024. /Dok. Setneg

CerdikIndonesia - Belum juga demonstrasi BEM SI dengan Aksi Nasional 114 usai, Jokowi akhirnya tegas bantah isu tiga periode. 

Dalam aksi demonstran BEM SI Aksi Nasional 114 ini, mahasiswa menuntut empat poin tuntuan, dan salah satunya adalah menolak Jokowi tiga periode dengan penundaan Pemilu 2004.

Aksi Nasional 114 yang diprakarsai BEM SI ini tadinya hendak di gelar di depan Istana Negara, tetapi bergeser menjadi halaman DPR dan diikuti lebih dari 1000 mahasiswa, untuk pastikan Jokowi tidak lanjut tiga periode.

Baca Juga: Jokowi Terancam Turun dari Jabatan dalam 2 Minggu, Prabowo Berpotensi Unggul Jadi Pengganti

Belum juga Aksi Nasional 114 dinyatakan usai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pernyataan dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu, 10 April 2022.

Jokowi dengan tegas bantah tiga periode dan sebut bahwa Pemilu 2024 akan digelar sesuai jadwal.

Presiden RI itu juga umumkan bahwa Pemilu serentak yang beragendakan pemilihan presiden dan anggota legislatif tetap akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.


"Yang pertama, saya minta disampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada itu sudah ditetapkan. Saya kira sudah jelas dan semua perlu tahu Pemilu dilaksanakan 14 Februari 2024," kata Jokowi.

Baca Juga: BEM SI Ganti Lokasi Demo Aksi Nasional 114, Apa Saja Tuntutan Para Mahasiswa?

Pemilu serentak yang akan digelar 2024 tersebut adalah agenda demokrasi lima tahunan tentang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x