5 Rekomendasi Takjil Sehat dan Enak untuk Berbuka Puasa

- 5 April 2022, 09:30 WIB
Menu Takjil Kolak Tanpa Santan.
Menu Takjil Kolak Tanpa Santan. /Instagram @dedee.diah/

CERDIK INDONESIA - Yay! Puasa telah tiba! Siapa nih yang udah enggak sabar buat khatam puasa sampai tuntas dan bisa menikmati Ramadhan yang cerah dan ceria nantinya. Nah, daripada memikirkan 15 jam  tanpa makan dan minum, lebih baik kita pikirkan bagaimana jika ketulusan puasa terbayar dengan 5 rekomendasi takjil berikut ini. Yuk, disimak!

  1. Kolak

Siapa yang suka makan kolak? Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Kudapan yang identik dengan buah pisang dan santan ini, memang paling mudah ditemukan saat bulan puasa dan hari-hari lainnya.

Mudah dibuat, kolak sebenarnya tidak harus menggunakan buah pisang saja. Alternatif lainnya, kamu bisa coba potongan singkong, ubi jalar, dan tambahan lainnya seperti mutiara. Buah dan umbi-umbian ini mengandung karbohidrat yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bergizi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan susu, baik sebagai pemanis tambahan maupun sebagai pengganti santan. Selain mengandung kalsium dan zat penting lainnya, susu juga memiliki rasa yang lebih manis.

Namun, kalau sudah menggunakan susu, sebaiknya asupan gula yang kamu gunakan dikurangi, ya?

 Baca Juga: Jadwal MNC TV Hari ini, Selasa 5 April 2022: Cahaya Ramadhan, Let's Get Wet Indonesia, dan Kuraih Bintang 2

  1. Bubur

Bubur merupakan panganan yang terbuat dari beras atau kacang-kacangan dengan kadar air yang lebih banyak dan tekstur yang lembut. Sebagai makanan buka puasa, panganan yang satu ini juga cocok untuk dijadikan rekomendasi.

Menimbang proses pembuatannya yang cukup praktis, kamu bisa coba untuk bikin sendiri di rumah. Bahan bakunya pun bisa sesuai selera. Kamu bisa gunakan kacang ijo, ketan hitam, dan bahan lainnya.

Sama seperti kolak, selain santan, kamu juga dapat menggunakan susu sebagai pengganti kuah. Manis dan tidaknya pun tergantung selera kamu. Selain mengenyangkan, bubur juga baik untuk pencernaan kamu selama masa puasa.Yuk, dicoba! 

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x