Presiden AS, Joe Biden: Putin Tidak Bisa Terus Berkuasa!

- 27 Maret 2022, 21:33 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. /Reuters/Evelyn Hockstein/

CERDIK INDONESIA - Presiden Amerika Serikat yaitu Joe Biden dalam konferensi pers  mengatakan bahwa Vladimir Putin tidak bisa terus berkuasa.

Sabtu, 26 Maret 2020 waktu setempat di Warsawa, Polandia, Presiden Amerika Serikat yaitu Joe Biden mengatakan bahwa Presiden Rusia yaitu Vladimir Putin tidak bisa terus berkuasa.

Menurut Biden, perang yang dilakukan Presiden Putin kepada Ukraina merupakan sebuah kegagalan strategis untuk Moskow.

Baca Juga: Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Ichsan Firdaus Meninggal Dunia

Tak lama setelah Biden berbicara, seorang pejabat Gedung Putih meremehkan pernyataan Biden yang tampaknya merupakan seruan untuk mencopot Putin.

Pernyataan Biden di Warsawa tersebut, tepat setelah tiga hari pertemuan di Eropa dengan G7, Dewan Eropa dan sekutu NATO dan kira-kira pada saat yang sama ketika roket menghantam kota Lviv di Ukraina barat, 60 km (37 mil) dari perbatasan Polandia.

"Maksud Presiden adalah bahwa Putin tidak dapat diizinkan untuk menjalankan kekuasaan atas tetangganya atau wilayah tetangganya di Ukraina. Dia tidak membahas kekuasaan Putin di Rusia, atau penggulingan rezim," ucap pejabat Gedung Putih.

Setelah bertemu dengan para pengungsi Ukraina di Polandia, Joe Biden memberikan pidato resmi kepada masyarakat di depan Istana Kerajaan Warsawa, dibuka dengan kata-kata dari Paus Polandia yaitu Yohanes Paulus II: "Jangan takut."

Dalam konferensi pers tersebut Biden mengatakan bahwa Ukraina tidak akan pernah menjadi "Kemenangan" bagi Rusia.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani

Sumber: Reuters White House Archives


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x