Sinopsis Film Pengkhianatan G30S PKI, Pembunuhan Keji Para Jenderal Pahlawan Revolusi

- 30 September 2021, 05:39 WIB
ILUSTRASI/ Berikut bocoran singkat dan jadwal tayang film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI yang jatuh pada 30 September 2021
ILUSTRASI/ Berikut bocoran singkat dan jadwal tayang film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI yang jatuh pada 30 September 2021 /Instagram/@officialmnctv

CERDIKINDONESIA - Film Pengkhianatan G30S PKI kembali akan diputar di TV One pukul 21.00 WIB. Film yang dibuat Produksi Film Nasional (PFN) ini dipimpin Brigjen TNI Gufron Dwipayana, salah satu orang dekat mantan Presiden Soeharto.

Hingga kini, film ini masih kontroversial. Isinya masih diperdebatkan. Karena sebagian isi dari film tersebut melenceng dari sejarah.

Itulah mengapa tahun 1998, saat Soeharto lengser, film ini dipaksa untuk tidak tayang. Padahal sebelumnya, film ini menjadi tontonan wajib siswa SD, SMP, dan SMA.

Baca Juga: 6 Fakta Film Pengkhianatan G30S PKI, dari Film Termahal hingga Bagian Propaganda Soeharto

Terlepas dari kontroversinya, berikut sinopsis Film Pengkhianatan G30S PKI.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini diproduksi tahun 1984, disutradarai dan ditulis oleh Arifin C Noer, diproduseri G Dwipayana, dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa.

Film ini dibuat berdasarkan versi resmi pemerintah kala itu dari peristiwa Gerakan 30 September atau G30S yang berupaya mengkudeta pemerintah tahun 1965.

Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau dikenal G30S/PKI merupakan peristiwa bersejarah yang terjadi di Indonesia pada 1965.

Gerakan ini berlatar belakang sebuah kudeta yang menewaskan tujuh jenderal pada masa itu.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x