Kasus Covid-19 Meningkat, Malaysia Putuskan Lockdown Nasional

- 1 Juni 2021, 12:38 WIB
Ilustrasi bendera Malaysia./
Ilustrasi bendera Malaysia./ /Pixabay

CEDIKINDONESIA - Pemerintah Malaysia memutuskan untuk lakukan lockdown nasional selama 14 hari mulai hari ini, 1 Juni 2021 sampai dengan 14 Juni.

Keputusan ini dilakukan lantaran Negeri Jiran tersebut mencatat rekor tertinggi penularan harian infeksi virus Corona dengan 7.857 kasus dan 59 kematian pada Kamis lalu.

Baca Juga: Karena Murah! Keakuratan Tes GeNose Untuk Pendeteksi Covid 19 Dipertanyakan, Berikut Penjelasannya

Menteri Keamanan Senior Malaysia, Ismail Sabri Yaakob mengatakan ada beberapa sektor yang diizinkan beroperasi dengan sejumlah persyaratan yang ketat.

Sektor tersebut meliputi industri pangan, transportasi, perbankan, telekomunikasi, media, e-commerce, jasa pos, dan jasa ekspedisi.

Sektor-sektor tersebut hanya boleh beroperasi pada pukul 8.00 pagi sampai dengan pukul 20.00 malam.

Baca Juga: Gubernur Aceh Nova Iriansyah Positif Covid-19, Pemda Aceh: Mohon Kita Semua Bisa Disiplin Prokes

Selain itu, setiap rumah hanya memperbolehkan 2 anggota keluarga yang bepergian untuk hal-hal yang penting seperti belanja kebutuhan pokok, berobat, dan urusan dengan perbankan. Masyarakat hanya boleh bepergian dalam radius 10 kilometer dari tempat tinggal.

Malaysia juga akan menutup sebagian mall dan tempat kerja. Hal ini lantaran tempat tersebut menjadi salah satu klaster penularan Covid-19 dengan pasien positif terbanyak.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x