Dunia Sastra Indonesia Berduka, Umbu Landu Paranggi 'Presiden Malioboro' Tutup Usia

- 6 April 2021, 12:08 WIB
Penyair Umbu Landu Paranggi atau Presiden Malioboro meninggal dunia  pada Selasa, 6 April 2021 pukul 3.55 WITA di Rumah Sakit Bali Mandara.*
Penyair Umbu Landu Paranggi atau Presiden Malioboro meninggal dunia pada Selasa, 6 April 2021 pukul 3.55 WITA di Rumah Sakit Bali Mandara.* /Twitter @ganjarpranowo//Twitter @ganjarpranowo

CERDIKINDONESIA – Pemilik julukan Presiden Malioboro Umbu Landu Paranggi meninggal dunia pada Selasa, 6 April 2021 pukul 3.55 WITA. Ia meninggal di Bali pada usia 78 tahun.

Umbu Landu Paranggi merupakan sastrawan yang lahir di Waikabubak, Pulau Sumba tahun 1943. Tahun 1960an ia menjadi pengasuh sastra di Jogjakarta hingga akhirnya melahirkan julukan Presiden Malioboro.

Baca Juga: Kode Redeem Mobile Legends Terbaru 6 April 2021: Segera Tukarkan dan Dapatkan Hadiah setiap Game

Para budayawan, penulis, dan sastrawan turut menyampaikan rasa duka citanya.

Emha Ainun Nadjib dalam sebuah tulisannya pada 17 Desember 2012 mengenai Umbu Landu Paranggi menceritakan, 

"Satu-satunya orang yang pernah digelari sebagai Presiden Malioboro oleh media massa, kalangan intelektual, aktivis kebudayaan 42 tahun yang lalu. Di zaman ketika orang masih mengerti bagaimana menghormati keindahan." 

Baca Juga: Digelar Virtual, Ribuan Personel Tetap Diturunkan Kawal Sidang Putusan Sela Rizieq Shihab

Emha Ainun Nadjib juga mengungkap Umbu sebagai pemegang rubrik puisi dan sastra di Mingguan “Pelopor Yogya” yang berkantor di ujung utara Jl Malioboro Yogyakarta. Tempat Emha bersama teman-temannya belajar menulis puisi dan karya sastra.

"Bersama ratusan teman-teman yang belajar nulis puisi dan karya sastra, kami bergabung dalam Persada Studi Klub."

Halaman:

Editor: Sara Salim

Sumber: Seputar Tangsel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x