Wakil Gubernur Jabar Tinjau Banjir Di Bekasi

- 22 Februari 2021, 19:24 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meninjau lokasi bencana banjir di Perumahan PGP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, dan Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meninjau lokasi bencana banjir di Perumahan PGP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, dan Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi /

CERDIKINDONESIA- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meninjau lokasi bencana banjir di Perumahan PGP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Senin 22 Februari 2021. Peninjauan dilakukan untuk memastikan masyarakat terdampak banjir mendapatkan penanganan yang baik.

Kang Uu melaporkan, bencana banjir di Perumahan PGP terjadi karena curah hujan yang tinggi dan jebolnya tanggul Kali Bekasi di sekitar perumahan.

"Penyebab banjir pada umumnya karena curah hujan tinggi. Kedua, kurangnya resapan air. Jadi air meluap dengan cepat. Diperparah dengan tanggul penahan air yang retak-retak dan jebol," kata Kang Uu.

Baca Juga: KEREN! Jawa Barat Akan Mulai Vaksinasi Tahap Kedua pada Rabu Ini

"Jadi saat airnya deras dan kencang, banjir karena tanggul tersebut tidak bisa menahan laju air sehingga meluap," imbuhnya.

Untuk sementara, tanggul yang rusak diperbaiki dengan geo bag berisi pasir dan tanah. Tujuannya untuk menahan laju air Kali Bekasi agar tidak meluap ke perumahan.

Kang Uu meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung dan Cisadane untuk segera memperbaiki tanggul secara permanen.

"Harus ada segera perbaikan permanen, harus ada rapat lagi dengan BBWS Ciliwung Cisadane, dan pihak terkait," tuturnya.

Selain itu, Kang Uu mengajak semua pihak untuk berbenah dan mencari solusi agar bencana banjir tidak kembali terjadi kendati curah hujan tinggi. Menurutnya, kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan menjadi hal penting yang mesti ditingkatkan.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x