WASPADA GUNUNG SEMERU! Hujan Abu Vulkanik Gunung Semeru Guyur Sembilan Kecamatan di Probolinggo

- 17 Januari 2021, 12:43 WIB
Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer pada Sabtu, 16 Januari 2021 sore pukul 17.24 WIB.
Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer pada Sabtu, 16 Januari 2021 sore pukul 17.24 WIB. /bnpb.go.id

 

CerdikIndonesia-  Terdapat sembilan kecamatan yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terkena dampak dari abu vulkanik di Gunung Semeru, Sabtu, 16 Januari 2021.

Erupsi gunung tersebut menyebabkan hujan abu yang terjadi dalam beberapa jam di beberapa wilayah.

"Erupsi gunung Semeru pada Sabtu pukul 17.24 WIB mengakibatkan hujan abu vulkanik di beberapa wilayah Kabupaten Probolinggo pada pukul 17.40 WIB - 21.08 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, seperti yang dilansir dari laman Antara.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas dengan Sejauh 4,5 Kilometer

Penjelasan yang ia sampaikan mengatakan kesembilan wilah tersebut yakni, Kecamatan Kuripan, Bantaran, Leces, Tegalsiwalan, Dringu, Banyuanyar, Sumberasih, Wonomerto, dan Kecamatan Sumber.

"Hari ini sudah tidak ada hujan abu vulkanik Gunung Semeru karena sudah reda, namun Pusat Pengendali Operasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) masih mencari informasi di wilayah yang terdampak," katanya.

Selain itu, hujan abu juga mengguyur lima kecamatan di Kabupaten Lumajang diantaranya, Kecamatan Candipuro, Pasrujambe, Senduro, Gucialit dan Pasirian.

Baca Juga: WASPADA GUNUNG SEMERU MELETUS Luncurkan Awan Panas 4,5 Km, Antisipasi Banjir Lahar Dingin

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x