LAPORAN PMI Pusat Gempa Majene Sulawesi Barat, Akibatkan 62 Rumah Rusak dan Longsor di 3 Titik Jalan

- 15 Januari 2021, 11:29 WIB
Gempa Guncang Majene, Sulawesi Barat
Gempa Guncang Majene, Sulawesi Barat /Dok BNPB/

CerdikIndonesia - Divisi Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI), Herry F Tanjung mengatakan gempa mengakibatkan 62 rumah rusak, 1 hotel rusak berat, 2 fasilitas kesehatan rusak, 2 kantor pemerintahan rusak berat dan longsor di 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju.

Posko Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) melaporkan perkembangan pasca-gempa dengan skala Magnitudo 5.9 SR di darat, Barat Laut Majene, terjadi gempa susulan dengan skala lebih kuat yaitu Magnitudo 6.2 SR.

Baca Juga: UPDATE Gempa Majene, Sulawesi Barat, PMI Menyebutkan Tujuh Orang Meninggal serta Ribuan Mengungsi

Selain itu, gempa juga mengakibatkan tujuh orang meninggal, 24 orang luka, serta 2000 orang harus mengungsi, diduga masih ada korban yang masih berada di reruntuhan.

“Informasi sementara, gempa yang terjadi mengakibatkan 7 meninggal dunia, 24 luka-luka, 2.000 Mengungsi. Diperkirakan masih terdapat korban yang terjebak di reruntuhan,” kata Divisi Penanggulangan Bencana PMI Herry F Tanjung dalam keterangan tertulisnya pada Jumat, 15 Januari 2021.

Saat ini, Herry menyebutkan, masyarakat masih berada diluar rumah untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan. “Jaringan listrik dan komunikasi terganggu,” ungkapnya.

Baca Juga: Gempa Mengguncang Majene, Akses Jalan Majene-Mamuju Terputus

Sementara itu, Akses jalan dari Makasar - mamuju belum bisa dilewati dikarenakan banyaknya titik longsor namun akses jalan dari Palu-Mamuju lebih aman serta bisa dilalui.

Merespon kejadian tersebut, PMI memobilisasi 11 personil beserta 1 unit ambulas dan 1 unit kendaraan angkut (grandmax) untuk melakukan Asessment, Evakuasi korban, Pelayanan Ambulance dan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

Halaman:

Editor: Arjuna


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x