Gempa Majene Sulawesi Barat, PMI Sebut Tujuh Meninggal Dunia Ribuan Orang Mengungsi

- 15 Januari 2021, 10:50 WIB
Kondisi salah satu rumah warga yang terdampak gempa bumi 6,2 SR di Mamuju, Sulawesi Barat/ANTARA/HO/ 
Kondisi salah satu rumah warga yang terdampak gempa bumi 6,2 SR di Mamuju, Sulawesi Barat/ANTARA/HO/  /

CerdikIndonesia - Posko Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) melaporkan perkembangan pasca-gempa dengan skala Magnitudo 5.9 SR di darat, Barat Laut Majene, terjadi gempa susulan dengan skala lebih kuat yaitu Magnitudo 6.2 SR.  

“Informasi sementara, gempa yang terjadi mengakibatkan 7 meninggal dunia, 24 luka-luka, 2.000 Mengungsi. Diperkirakan masih terdapat korban yang terjebak di reruntuhan,” kata Divisi Penanggulangan Bencana PMI Herry F Tanjung dalam keterangan tertulisnya pada Jumat, 15 Januari 2021.

Baca Juga: Gempa Majene : 3 Orang Tewas, 24 Orang Luka-Luka, dan 62 Unit Rumah Rusak Parah

Selain itu, Herry mengatakan gempa mengakibatkan 62 rumah rusak, 1 hotel rusak berat, 2 fasilitas kesehatan rusak, 2 kantor pemerintahan rusak berat dan longsor di 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju

Saat ini, lanjutnya, masyarakat masih berada diluar rumah untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan. “Jaringan listrik dan komunikasi terganggu,” ungkapnya.

Baca Juga: Gempa Mengguncang Majene, Akses Jalan Majene-Mamuju Terputus

Sementara itu, Akses jalan dari Makasar - mamuju belum bisa dilewati dikarenakan banyaknya titik longsor namun akses jalan dari Palu-Mamuju lebih aman serta bisa dilalui.

Merespon kejadian tersebut, PMI memobilisasi 11 personil beserta 1 unit ambulas dan 1 unit kendaraan angkut (grandmax) untuk melakukan Asessment, Evakuasi korban, Pelayanan Ambulance dan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 6,2 magnitudo Mengguncang Majene, Bangunan Rumah Sakit Rusak Parah

Halaman:

Editor: Arjuna


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x