Jangan Lewatkan Fenomena Antariksa, Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus Malam Ini

- 21 Desember 2020, 17:08 WIB
Peristiwa Konjungsi Agung Jupiter dan Saturnus 21 Desember 2020 bisa dinikmati di seluruh dunia
Peristiwa Konjungsi Agung Jupiter dan Saturnus 21 Desember 2020 bisa dinikmati di seluruh dunia /Foto: Lapan.go.id/

CerdikIndonesia - Pemandangan langit malam ini Senin, 21 Desember 2020. Jangan lewatkan Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus.

Konjungsi Agung (The Great Conjunction) merupakan penampakan romatis kedua planet besar ini akan tampak bersatu dan terlihat sebagai sebuah bola putih cemerlang di langit.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, fenomena Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus yang tergolong langka ini, akan terjadi pada puncaknya pada 22 Desember 2020 pukul 01.18 WIB.

Akan tetapi karena kedua planet raksasa ini sama-sama di bawah ufuk, maka penampakan ini dapat disaksikan pada malam sebelumnya, yakni 21 Desember 2020 pukul 18.30 WIB.

NASA mengatakan Konjungsi Agung yang terjadi 19,6 tahun sekali ini  memungkinkan hampir semua orang di seluruh dunia menyaksikan fenomena luar biasa ini.

Untuk mengamatinya, lihat ke barat daya sesaat setelah Matahari tenggelam.

Jupiter akan tampak lebih terang daripada bintang mana pun di langit, sementara Saturnus sedikit lebih redup, tetapi memiliki cahaya keemasan yang dapat dikenali.

Planet-planet akan mempertahankan kecerahan yang konsisten, bukan berkelip-kelip seperti bintang.

Saat konjungsi kedua planet ini akan berjarak 0,1 derajat atau hanya 1/5 dari diameter bulan purnama jika dilihat dari Bumi.

Tahun ini kedekatan kedua planet ini istimewa, sebab peristiwa ini menjadi Konjungsi Jupiter-Saturnus terdekat sejak 1623, 13 tahun setelah Galileo membuat teleskop pertama.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah