Bandung Di Guncang Gempa Berkekuatan 4.0 Magnitude

- 2 November 2020, 08:06 WIB
ILUSTRASI gempa bumi.
ILUSTRASI gempa bumi. //PRFM//

 

CERDIK INDONESIA- Kabupaten Bandung, Jawa Barat di guncang gempa pada Minggu, 1 November 2020 pukul 21.34 WIB.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa ini merupakan gempa bumi tektonik yang berkekuatan 4.0 Magnitude yang terjadi di Banjar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Kepala BBMKG Wilayah II, Hendro Nugroho menyampaikan fenomena tersebut terjadi pada pukul 21.34 WIB terletak pada koordinat 7.20 LS dan 107.60 BT wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Terkejut Mendengar Anaknya Sebagai Pelaku Teror di Kota Nice, Prancis, Sang Ibu Menangis

"Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 5 kilometer," kata Hendro dalam keterangannya yang diterima di Bandung, dikutip Pikiranrakyat-bogor.com dari Antara, Minggu 1 November 2020. 

Adapun titik terjadinya gempa bumi terletak pada koordinat 7,2 Lintang Selatan, dan 107,6 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di 21 KM Tenggara Kabupaten Bandung. Pusat gempa diketahui berada di kedalaman 5 KM.

Baca Juga: Gempa Bumi di Jawa Barat, Sekitar Pengalengan, Ciparay, Majalaya, Baleendah Kabupaten Bandung

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, menurut Hendro, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan).

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: Pikiran Rakyat Bogor


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah