Inilah Akhlak yang Tercermin dari Ibadah Kurban

- 24 Juni 2024, 14:20 WIB
Kampus Istbunas Majalengka gelar pemotongan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 2024
Kampus Istbunas Majalengka gelar pemotongan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 2024 /Jejep/

Cerdik Indonesia - Ibadah kurban adalah ibadah yang terdapat tersimpan akhlak-akhlak mulia. Hal ini tidak dapat dipisahkan dengan akhlak yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim ‘alaihi wassalam dan Ismail ‘alaihi wassalam yang menjadi awal disyariatkannya ibadah kurban.

Para sahabat bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam: “Wahai Rasulullah, apakah maksud dari hewan-hewan kurban seperti ini?” Beliau bersabda: “Ini merupakan sunah (ajaran) bapak kalian, Ibrahim.” (HR Ibnu Majah).

Baca Juga: Presidin Jokowi Singgung Soal Konser Taylor Swift di Singapura Banyak Penonton Indonesia

Ketika diperintahkan untuk melaksanakan ibadah kurban, sesungguhnya Allah Ta’ala sedang mendidik seorang hamba untuk memiliki akhlak-akhlak mulia yang tersimpan di dalamnya. Akhlak mulia itu tecermin setelah seseorang berkurban.

Salah satu akhlak yang tercermin adalah keikhlasan. Ikhlas artinya murni dan jernih tidak tercampur dengan hal yang lain. Tindakan seseorang termasuk suci jika dikerjakan dengan ikhlas karena Allah semata.

Pertama, rasa syukur

Dalam sejarah telah dikisahkan bagaimana Nabi Ibrahim mengikhlaskan anak semata wayang Ismail, untuk disembelih atas perintah Allah yang kemudian menjadi asal mula hukum berkurban. Begitu juga dengan Nabi Ismail yang mengikhlaskan dirinya untuk disembelih oleh tangan ayahnya sendiri.

Baca Juga: Bey Machmudin Ajak Alumni Unpad Berkontribusi Bangun Jabar

Allah Ta’ala berfirman berfirman: “Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu." (QS al-Hajj: 37).

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah