Snow Patrol : Grup Band Asal Irlandia yang Lagu nya Sempat Viral Dinyanyikan oleh Putri Ariani di Ajang AGT

- 7 Januari 2024, 00:56 WIB
Snow Patrol
Snow Patrol /dirga mahardika/

Cerdik Indonesia - Snow Patrol adalah sebuah grup musik Irlandia Utara yang dibentuk pada tahun 1994 di Dundee, Skotlandia. Grup ini terdiri dari Gary Lightbody (vokal, gitar), Nathan Connolly (gitar, vokal latar), Paul Wilson (gitar bass, vokal latar), Jonny Quinn (drum), dan Johnny McDaid (piano, gitar, vokal latar).

Grup ini awalnya dibentuk sebagai band indie rock, tetapi kemudian beralih ke genre rock alternatif dan pop rock. Snow Patrol dikenal dengan lagu-lagunya yang emosional dan melankolis, dengan lirik yang sering kali membahas tema-tema seperti cinta, kehilangan, dan alam.

Snow Patrol memulai karir mereka dengan merilis album debut mereka, Songs for Polarbears, pada tahun 1998. Album ini tidak terlalu sukses secara komersial, tetapi mendapat pujian dari para kritikus musik. Album kedua mereka, When It's All Over We Still Have to Clear Up, dirilis pada tahun 2001 dan juga tidak terlalu sukses secara komersial.

Kesuksesan Snow Patrol dimulai dengan album ketiga mereka, Final Straw, yang dirilis pada tahun 2003. Album ini menduduki puncak tangga lagu di Inggris dan Irlandia dan menghasilkan dua single hit, "Run" dan "Chasing Cars". "Chasing Cars" menjadi lagu yang paling sukses Snow Patrol hingga saat ini, dengan penjualan lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia.

Album keempat Snow Patrol, Eyes Open, dirilis pada tahun 2006 dan juga sukses secara komersial. Album ini menghasilkan dua single hit, "Open Your Eyes" dan "Shut Your Eyes". Album ini juga masuk dalam nominasi Grammy Award untuk Album Rock Terbaik.

Album kelima Snow Patrol, A Hundred Million Suns, dirilis pada tahun 2008. Album ini juga sukses secara komersial dan menghasilkan dua single hit, "This Isn't Real Love" dan "Fallen Empires".

Album keenam Snow Patrol, Fallen Empires, dirilis pada tahun 2011. Album ini menghasilkan dua single hit, "This Wildest Star" dan "Called Out in the Dark".

Album ketujuh Snow Patrol, Wildness, dirilis pada tahun 2018. Album ini menghasilkan dua single hit, "What If You Were Right the First Time" dan "Empire".

Snow Patrol telah memenangkan tujuh Meteor Ireland Music Awards dan telah dinominasikan untuk enam Brit Awards dan satu Grammy Award. Mereka telah menjual lebih dari 20 juta album di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x