Hari Anak Sedunia 2022: Hindari Kekerasan Pada Anak, Pola Asuh Sangat Mempengaruhi

- 20 November 2022, 11:26 WIB
ilustrasi hari anak sedunia 2022
ilustrasi hari anak sedunia 2022 /PIXABAY / (Sasin Tipchai)

Cerdik Indonesia - Anak merupakan anugerah yang harus diberikan pendidikan dan pola asuh positif sejak kecil. Hal tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhannya sampai dikemudian hari.

Dalam memperingati Hari Anak sedunia yang jatuh pada 20 November 2022, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengajak kepada seluruh pihak, terutama orang tua untuk menghentikan kekerasan yang terjadi pada anak.

Kekerasan terhadap anak dapat menyebabkan efek negatif dalam jangka panjang dikemudian hari yang akan menimpa anak tersebut. Faktor utama yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah pola asuh yang diberikan orang tua sejak kecil.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Minggu 20 November 2022: Tangerang Berawan, Jakarta Selatan Hujan Lebat

Pola asuh yang baik terhadap anak akan memberikan hal positif terhadap tumbuh kembang anak terutama dalam psikologi dan tindakan yang dilakukan anak.

Karakter anak terbentuk dari pendidikan yang dia dapatkan, bila dia mendapatkan didikan kekerasan kemungkinan dikemudian hari dia juga akan melakukan kekerasan, bahkan bisa juga menjadi korban dari kekerasan itu tersendiri.

Kekerasan terhadap anak dilatar belakangi dari psikologi yang terekam dalam ingatan si anak tersebut. Rasa trauma yang muncul, atau bahkan rasa ingin memperlakukan orang lain sebagaimana dia diperlakukan akan muncul dalam karakter tumbuh kembang si anak.

Baca Juga: Inilah LINK Nonton One Piece Episode 1041 dan Bisa Sub Indo Melalui Platfrom iQIYI

Oleh sebab itu pentingnya memberi pendidikan positif terhadap anak menjadi hal yang sangat penting dalam kelangsungan tumbuh kembang dan juga sebagai bagaian dari membentuk karakter anak.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah