Berikut Contoh Naskah Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 2022, Singkat dan Jelas!

- 16 Agustus 2022, 13:02 WIB
Ilustrasi bendera Merah Putih.
Ilustrasi bendera Merah Putih. /Mufid Majnun/Unsplash

CERDIK INDONESIA - Di bawah ini adalah contoh naskah pidato kemerdekaan 17 Agustus 2022 yang singkat dan jelas serta bisa digunakan dalam upacara menyambut kemerdekaan HUT RI ke-77 nanti.

Dalam sejarah, tanggal 17 Agustus 1945 merupakan waktu memproklamirkan naskah proklamasi. Naskah tersebut berisikan pernyataan bahwa Indonesia telah lepas dari penjajahan.

Ketika merayakan kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus, beberapa orang membutuhkan naskah pidato kemerdekaan yang bisa dibacakan ketika upaya peringatan kemerdekaan nanti.

Oleh karena itu, berikut Cerdikindonesia telah mengumpulkan contoh naskah pidato kemerdekaan dari berbagai sumber:

Baca Juga: Menyambut HUT RI ke-77, Ini Dia Lirik Lagu Nasional Ibu Pertiwi Beserta Maknanya

Assalamualaikum Wr Wb

Hadirin yang saya hormati,

Pertama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena berkat karunia dan limpahan rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia.

Hari ini, tepat 77 tahun yang lalu, Indonesia menyatakan diri sebagai sebuah negara merdeka. Merdeka dari segala penjajahan fisik dan mental kolonialisme yang telah beratus tahun bangsa ini alami.

Perjuangan meraih kemerdekaan sangat berat dan harus bertaruh jiwa dan raga. Para pahlawan, baik yang berjuang secara lokal kedaerahan maupun di era nasional telah rela berkorban nyawa demi tegaknya bumi pertiwi ini.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: Fajarpendidikan.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah